PEMBELAJARAN MENULIS KARANGAN NARASI DENGAN METODE SOSIODRAMA BERORIENTASI KECERDASAN EMOSIONAL

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurang tertariknya siswa dalam pembelajaran menulis karangan narasi yang berdampak pada kompetensi menulis siswa. Padahal menulis merupakan sebuah keterampilan berbahasa yang seharusnya dikuasai oleh siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Wahyu, Winarto (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2018-08-13.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/3885/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
LEADER 04928 am a22003013u 4500
001 repoupi_38085
042 |a dc 
100 1 0 |a Wahyu, Winarto  |e author 
245 0 0 |a PEMBELAJARAN MENULIS KARANGAN NARASI DENGAN METODE SOSIODRAMA BERORIENTASI KECERDASAN EMOSIONAL 
260 |c 2018-08-13. 
500 |a http://repository.upi.edu/38085/1/T_PD_1603108_Title.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/38085/2/T_PD_1603108_Abstract.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/38085/3/T_PD_1603108_Table_Of_Content.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/38085/4/T_PD_1603108_Chapter1.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/38085/5/T_PD_1603108_Chapter2.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/38085/6/T_PD_1603108_Chapter3.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/38085/7/T_PD_1603108_Chapter4.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/38085/8/T_PD_1603108_Chapter5.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/38085/9/T_PD_1603108_Bibliography.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/38085/10/T_PD_1603108_Appendix.pdf 
520 |a Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurang tertariknya siswa dalam pembelajaran menulis karangan narasi yang berdampak pada kompetensi menulis siswa. Padahal menulis merupakan sebuah keterampilan berbahasa yang seharusnya dikuasai oleh siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan yang signifikan antara kemampuan siswa dalam menulis karangan narasi sebelum dan sesudah penggunaan metode sosiodrama berorientasi kecerdasan emosional. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen kuasi dengan desain non-equivalent control group design. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Sukarahayu. Kelas eksperimen diberikan perlakuan metode sosiodrama berorientasi kecerdasan emosional. Hasil penelitian menunjukkan kemampuan awal siswa dalam menulis karangan narasi di kelas eksperimen maupun kelas kontrol hampir sama, tetapi setelah diberikan perlakuan terlihat peningkatan nilai rata-rata posttest pada kedua kelompok. Akan tetapi, peningkatan hasil belajar kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol. Peningkatan kemampuan menulis karangan narasi pada kelas eksperimen terlihat dari nilai rata-rata pretest 70,56 menjadi 84,47 pada saat posttest dan di kelas kontrol terjadi peningkatan dari nilai rata-rata pretest 71,04 menjadi 75,21. Hasil uji prasyarat analisis dan dilanjutkan dengan uji t menunjukkan nilai Sig. sebesar 0,000, angka tersebut lebih kecil dari taraf signifikansi yang ditentukan yakni α = 0,05. Dengan demikian H0 ditolak. Hal ini menunjukkan kemampuan siswa kelas IV SDN Sukarahayu dalam menulis karangan narasi dengan metode sosiodrama berorientasi kecerdasan emosional lebih baik dari pada di kelas kontrol. Jadi, dapat disimpulkan bahwa metode sosiodrama berorientasi kecerdasan emosional dapat digunakan untuk pembelajaran menulis karangan narasi di sekolah dasar.;--- This research is motivated by the lack of interest of students in learning writing narrative essay that impact on writing competence of students. Though writing is a language skills that should be mastered by students. The purpose of this research is to know the significant difference between students' ability in writing essay before and after the use of emotional intelligence oriented sociodrama method. The method used in this research is quasi experiment with non-equivalent control group design. The subject of this research is the fourth grade students of SDN Sukarahayu. The experimental class is given the treatment of emotional intelligence oriented sociodrama method. The result showed that the students' initial ability in writing narrative essay in the experimental class and control class is almost the same, but after the treatment it is seen that the increase of posttest average value in both groups. However, improvements in experimental class learning outcomes are better than control classes. The improvement of narrative writing ability in the experimental class is seen from the pretest average score of 70.56 to 84.47 at the time of posttest and in the control class there is an increase from the pretest average value of 71.04 to 75.21. The result of prerequisite analysis test and continued with t test show Sig value. 0.000, the number is smaller than the level of significance is determined that is α = 0.05. Thus H0 is rejected. This shows the ability of fourth grade students of SDN Sukarahayu in writing narrative essay with sociodrama oriented method of emotional intelligence better than in control class. Thus, it can be concluded that sociodrama oriented sociodrama method can be used for learning writing narrative essay in primary school. 
546 |a en 
690 |a LB1501 Primary Education 
655 7 |a Thesis  |2 local 
655 7 |a NonPeerReviewed  |2 local 
787 0 |n http://repository.upi.edu/38085/ 
787 0 |n http://www.repository.upi.edu 
856 4 1 |u http://repository.upi.edu/3885/