IMPLEMENTASI MODEL TPSR DALAM PEMBELAJARAN PERMAINAN EGRANG UNTUK MENINGKATKAN TANGGUNG JAWAB: Studi Penelitian Tindakan Kelas Terhadap Siswa Kelas V SDN 201 Sukaluyu Bandung

Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya sikap tanggung jawab siswa dalam pembelajaran permainan egrang, penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan sikap tangggung jawab siswa kelas VB SDN 201 Sukaluyu Bandung dengan menggunakan model TPSR. Metode yang digunakan dalam penilitian ini yaitu peneliti...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Riva Mudiana, - (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2018-05-11.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/38122/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya sikap tanggung jawab siswa dalam pembelajaran permainan egrang, penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan sikap tangggung jawab siswa kelas VB SDN 201 Sukaluyu Bandung dengan menggunakan model TPSR. Metode yang digunakan dalam penilitian ini yaitu penelitian tindakan kelas (classroom Action Research). Subjek penelitian kelas VB yang berjumlah 40 siswa dari 21 siswa laki-laki dan 19 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data antara lain dengan observasi, catatan lapangan dan dokumentasi kegiatan pembelajaran selanjutnya dilakukan analisis data. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik presentase. Hasil presentasi Pra Siklus sebesar (41%), siklus I tindakan I sebesar (50%), Siklus I tindakan II sebesar (59%), Siklus II tindakan I sebesar (71%) dan Siklus II tindakan II sebesar (81%). Berdasarkan hasil penelitian tergadap nilai tanggung jawab pribadi dan sosial dalam pembelajaran permainan egrang telah menunjukkan bahwa menggunakan model TPSR dapat meningkatkan rasa tanggung jawab pribadi dan sosial siswa. ..... This research is motivated by the low of student responsibility attitude in learnng game of stilts this research aim to improve student responbility attitude class VB SDN 201 Sukaluyu Bandung. Class by using TPSR model. The Method used in this research is classroom action research method. The subjects of VB class study were 40 students from 21 male students and 19 female students. Techniques of collecting data, among others, by observation, field notes and documentation of learning activities then performed data analysis. Data analysis technique used is the percentage technique. The results of Pre-Cycle presentations are (41%), Cycle I action I (50%), Cycle I action II (59%), Cycle II action I (71%) and Cycle II action II (81%). Based on the results of research on the value of personal and social responsibilities in learning game egrang has shown that using the TPSR model can improve the sense of personal and social responsibility of students.
Item Description:http://repository.upi.edu/38122/1/S_SDPJ_1400207_Title.pdf
http://repository.upi.edu/38122/2/S_SDPJ_1400207_Tabel_of_Content.pdf
http://repository.upi.edu/38122/3/S_SDPJ_1400207_Abstract.pdf
http://repository.upi.edu/38122/4/S_SDPJ_1400207_Chapter1.pdf
http://repository.upi.edu/38122/5/S_SDPJ_1400207_Chapter2.pdf
http://repository.upi.edu/38122/6/S_SDPJ_1400207_Chapter3.pdf
http://repository.upi.edu/38122/7/S_SDPJ_1400207_Chapter4.pdf
http://repository.upi.edu/38122/8/S_SDPJ_1400207_Chapter5.pdf
http://repository.upi.edu/38122/9/S_SDPJ_1400207_Bibliography.pdf
http://repository.upi.edu/38122/10/S_SDPJ_1400207_Appendix.pdf