PENERAPAN MODEL QUANTUM LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA TENTANG KONSEP NKRI : Penelitian Tindakan Kelas XII IA 5 Semester 2 SMA Negeri 2 Subang

Metode pembelajaran dalam pembelajaran PPKn masih menggunakan metode tradisional seperti metode ceramah, indoktrinasi, dan guru sebagai aktor tunggal di kelas. Teknik-teknik ini memang bukan tidak bermanfaat, melainkan bila dilihat dari teori field psychology kurang dapat memobilisasi dan menumbuhka...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Indri Melisa, - (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2019.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/38127/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Metode pembelajaran dalam pembelajaran PPKn masih menggunakan metode tradisional seperti metode ceramah, indoktrinasi, dan guru sebagai aktor tunggal di kelas. Teknik-teknik ini memang bukan tidak bermanfaat, melainkan bila dilihat dari teori field psychology kurang dapat memobilisasi dan menumbuhkan potensi berpikir, sikap dan keterampilan siswa. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh jawaban dari permasalahan yang dikemukakan di atas, yang secara umum adalah untuk memperoleh gambaran secara faktual dan aktual mengenai implementasi model pembelajaran quantum learning dalam meningkatkan pemahaman siswa tentang konsep PPKn. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas (classroom action research) dikarenakan penulis menemukan permasalahan yang terjadi di dalam proses pembelajaran.Terdapat dua konsep utama yang digunakan dalam pembelajaran kuantum dalam rangka mewujudkan energi guru dan siswa menjadi cahaya belajar yaitu percepatan belajar melalui usaha sengaja untuk mengikis hambatan-hambatan belajar tradisional, dan memfasilitasi belajar yang berarti mempermudah belajar. Percepatan belajar dan fasilitas belajar akan mendukung prinsip utama yang digunakan dalam pembelajaran kuantum yaitu bawalah dunia siswa ke dunia guru dan antarkan dunia kita ke dunia siswa. Prinsip utama pembelajaran kuantum tersebut mengisyaratkan pentingnya seorang guru memasuki dunia atau kehidupan anak sebagai langkah awal dalam melaksanakan sebuah pembelajaran. membuat belajar sebagai suatu proses yang menyenangkan dan bermanfaat. Pembelajaran dengan model quantum learning dengan tahapan TANDUR di dalamnya terdapat aktivitas pertumbuhan dan minat, suasana kelas dibuat menyenangkan, usaha keterlibatan siswa dan adanya reward sebagai umpan balik yang dapat dijadikan solusi untuk meningkatkan pemahaman konsep PPKn.
Item Description:http://repository.upi.edu/38127/1/T_PKn_1706431_Title.pdf
http://repository.upi.edu/38127/2/T_PKn_1706431_Chapter2.pdf
http://repository.upi.edu/38127/3/T_PKn_1706431_Chapter3.pdf
http://repository.upi.edu/38127/4/T_PKn_1706431_Chapter4.pdf
http://repository.upi.edu/38127/5/T_PKn_1706431_Chapter5.pdf
http://repository.upi.edu/38127/6/T_PKn_1706431_Appendix.pdf