PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN AKTIF TIPE TEAM QUIZ PADA MATA PELAJARAN PENERAPAN SISTEM RADIO DAN TELEVISI DI SMKN 6 BANDUNG

Untuk mengatasi kurangnya keaktifan siswa dan pemahaman siswa pada materi pembelajaran diperlukan suatu model pembelajaran yang tepat. Team quiz merupakan salah satu model pembelajaran aktif yang dapat merangsang pengetahuan siswa mengenai materi yang disampaikan. Penelitian ini bertujuan untuk: (1)...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Dina Rusyda Khoirini, - (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2019-07-31.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/38132/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
LEADER 04311 am a22002773u 4500
001 repoupi_38132
042 |a dc 
100 1 0 |a Dina Rusyda Khoirini, -  |e author 
245 0 0 |a PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN AKTIF TIPE TEAM QUIZ PADA MATA PELAJARAN PENERAPAN SISTEM RADIO DAN TELEVISI DI SMKN 6 BANDUNG 
260 |c 2019-07-31. 
500 |a http://repository.upi.edu/38132/6/S_PTE_1503975_TITLE.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/38132/1/S_PTE_1503975_CHAPTER1.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/38132/2/S_PTE_1503975_CHAPTER2.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/38132/3/S_PTE_1503975_CHAPTER3.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/38132/4/S_PTE_1503975_CHAPTER4.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/38132/5/S_PTE_1503975_CHAPTER5.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/38132/7/S_PTE_1503975_Appendix.pdf 
520 |a Untuk mengatasi kurangnya keaktifan siswa dan pemahaman siswa pada materi pembelajaran diperlukan suatu model pembelajaran yang tepat. Team quiz merupakan salah satu model pembelajaran aktif yang dapat merangsang pengetahuan siswa mengenai materi yang disampaikan. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui perbedaan aktivitas belajar pada kelas pada kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran aktif tipe team quiz dengan kelas kontrol yang tidak menggunakan model pembelajaran aktif tipe team quiz 2) perbedaan hasil belajar siswa pada kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran aktif tipe team quiz dengan kelas kontrol yang tidak menggunakan model pembelajaran aktif tipe team quiz pada ranah kognitif, afektif, dan psikomotor. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen dengan desain penelitian quasi experimental atau penelitian semu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan aktivitas belajar dan hasil belajar antara kelas ekperimen dan kelas kontrol pada ranah kognitif, afektif, dan psikomotor. Aktivitas belajar siswa pada kelas eksperimen lebih baik dibandingkan dengan kelas kontrol. Pada ranah kognitif, peningkatan hasil belajar pada kelas eksperimen termasuk pada kategori tinggi sedangkan pada kelas eksperimen termasuk pada kategori sedang. Selanjutnya, hasil belajar pada ranah afektif dan psikomotor pada kelas eksperimen dan kelas kontrol nilai rata-ratanya lebih tinggi daripada kelas kontrol. Kata Kunci: Model Pembelajaran Aktif, Team Quiz, Aktivitas belajar, Hasil Belajar To overcome the lack of student activity and student's understanding of learning material, an appropriate learning model is needed. Team quiz is one of the active learning models that can stimulate students' knowledge about the material presented. This study aims to: (1) Know the differences in learning activities in the class in the experimental class using the active learning model of the team quiz type and the control class that does not use an active learning model in the team quiz type 2) differences in student learning outcomes in the experimental class using the learning model active team quiz types with control classes that do not use active learning models of team quiz types in the cognitive, affective, and psychomotor domains. This research is a quantitative study using an experimental method with a quasi experimental or quasi-research design. The results showed that there were differences in learning activities and learning outcomes between the experimental and control classes in the cognitive, affective, and psychomotor domains. Student learning activities in the experimental class are better than the control class. In the cognitive realm, the increase in learning outcomes in the experimental class is in the high category while in the experimental class is in the moderate category. Furthermore, learning outcomes in the affective and psychomotor domains in the experimental class and the control class mean higher than the control class. Keywords: Active Learning Model, Team Quiz, Learning Activities, Learning Outcomes 
546 |a en 
690 |a L Education (General) 
690 |a TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering 
655 7 |a Thesis  |2 local 
655 7 |a NonPeerReviewed  |2 local 
787 0 |n http://repository.upi.edu/38132/ 
787 0 |n http://repository.upi.edu 
856 4 1 |u http://repository.upi.edu/38132/