PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER DALAM MENINGKATKAN CIVIC DISPOSITION PESERTA DIDIK MELALUI PROGRAM KECERDASAN SPIRITUAL DI SMA NEGERI 2 MEDAN

Penelitian ini merupakan sebuah penelitian mengenai bagaimana penguatan pendidikan karakter dalam meningkatkan civic disposition peserta didik melalui program Al-Farabi di SMA Negeri 2 Medan. Latar belakang dari adanya penelitian ini ialah bahwa pendidikan mempunyai peran penting dalam membentuk wat...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Rika Rahmadhani, - (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2019-08-15.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/38178/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Penelitian ini merupakan sebuah penelitian mengenai bagaimana penguatan pendidikan karakter dalam meningkatkan civic disposition peserta didik melalui program Al-Farabi di SMA Negeri 2 Medan. Latar belakang dari adanya penelitian ini ialah bahwa pendidikan mempunyai peran penting dalam membentuk watak kewarganegaraan atau civic disposition peserta didik sehingga dapat menjadi warga negara yang demokratis dan bertanggungjawab, khususnya bagi peserta didik untuk menjadi kreatif luwes, berwawasan luas dan siap berhadapan dengan masalah yang terjadi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji dan mendeskripsikan penguatan pendidikan karakter dalam meningkatkan civic disposition peserta didik melalui program Al-Farabi di SMA Negeri 2 Medan. Alasan dilakukannya penelitian ini adalah masih ada beberapa sekolah yang belum melaksanakan secara rutin kegiatan keagamaan dan lebih memfokuskan pada pembekalan ilmu pengetahuan saja sedangkan pembentukan watak hampir tidak diperhatikan. Padahal watak kewarganegaraanlah yang menentukan pada arah masa depan yang lebih cerah dan lebih baik. Sehingga membuat peneliti tertarik untuk mengetahui tentang bagaimana penguatan karakter dalam meningkatkan civic disposition peserta didik melalui program Al-Farabi. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan metode studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah melalui observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Informan kunci dalam penelitian ini yaitu wakil kepala sekolah, guru dan peserta didik sebagai informan pendukung. Hasil dari penelitian ini mengungkapkan bahwa program Al-Farabi yang dilaksanakan di sekolah SMA Negeri 2 Medan memberikan dampak positif bagi watak kewarganegaraan peserta didik. Keberhasilan tersebut didukung dengan adanya komunikasi dan kerjasama antara orang tua peserta didik dengan guru. Sehingga peserta didik dapat menerapkan sikap bertanggungjawab, saling menolong, saling menghargai pendapat orang lain, toleransi dan disiplin dalam beribadah dengan baik. Hal tersebut dapat dilihat pada perubahan tingkah laku peserta didik sebagai hasil dari penguatan pendidikan karakter dalam meningkatkan civic disposition peserta didik melalui program Al-Farabi di SMA Negeri 2 Medan. Kata Kunci: Penguatan Karakter, Civic Disposition, Kecerdasan Spiritual. ---------- This research is a study of how to strengthen character in improving civic disposition of students through the Al-Farabi program in Medan 2 Public High School. The background of this study is that education has an important role in shaping the civic disposition of students so that they can become democratic and responsible citizens, especially for students to be flexible, broad-minded and ready to deal with problems that occur. The purpose of this study is to examine and describe the strengthening of character in improving civic disposition of students through the Al-Farabi program in Medan 2 Public High School. The reason for doing this study is that there are still some schools that have not routinely carried out religious activities and are more focused on debriefing knowledge while character formation is hardly noticed. Though the character of citizenship determines the direction of a brighter and better future. So that makes researchers interested in knowing about how to strengthen the character in increasing civic disposition of students through the Al-Farabi program. The approach used in this study is qualitative with a case study method. Data collection techniques used are through observation, interviews and documentation studies. The key informants in this study were vice principals, teachers and students as supporting informants. The results of this study revealed that the Al-Farabi program carried out in the Medan 2 Public High School had a positive impact on the character of the citizenship of the students. This success is supported by the communication and cooperation between parents of students and teachers. So that students can apply a responsible attitude, help each other, respect each other's opinions, tolerance and discipline in worshiping well. This can be seen in the changes in students' behavior as a result of strengthening the character in increasing the civic disposition of students through the Al-Farabi program in Medan 2 Public High School. Keywords: Character Strengthening, Civic Disposition, Spiritual Intelligence.
Item Description:http://repository.upi.edu/38178/1/T_PKn_1706816_Title.pdf
http://repository.upi.edu/38178/2/T_PKn_1706816_Chapter1.pdf
http://repository.upi.edu/38178/3/T_PKn_1706816_Chapter2.pdf
http://repository.upi.edu/38178/4/T_PKn_1706816_Chapter3.pdf
http://repository.upi.edu/38178/5/T_PKn_1706816_Chapter4.pdf
http://repository.upi.edu/38178/6/T_PKn_1706816_Chapter5.pdf
http://repository.upi.edu/38178/7/T_PKn_1706816_Appendix.pdf