PROFIL TEMPER TANTRUM ANAK DI TK DAN UPAYA PENANGANANNYA : Studi Deskriptif pada Murid Tingkat A dan B di TK Krida Nusantara Bandung Tahun Ajaran 2018/2019

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena temper tantrum yang sering dialami oleh anak usia prasekolah. Lazimnya perilaku temper tantrum terjadi pada anak usia 2-3 tahun, tetapi kurangnya pemahaman orangtua dan guru di sekolah terkait penanganan tantrum menimbulkan perilaku ini semakin berkemban...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Nisa Jihan Novala, - (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2019-07-19.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/3823/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
LEADER 03646 am a22002893u 4500
001 repoupi_38203
042 |a dc 
100 1 0 |a Nisa Jihan Novala, -  |e author 
245 0 0 |a PROFIL TEMPER TANTRUM ANAK DI TK DAN UPAYA PENANGANANNYA : Studi Deskriptif pada Murid Tingkat A dan B di TK Krida Nusantara Bandung Tahun Ajaran 2018/2019 
260 |c 2019-07-19. 
500 |a http://repository.upi.edu/38203/1/S_PPB_1502159_Title.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/38203/2/S_PPB_1502159_Chapter1.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/38203/3/S_PPB_1502159_Chapter2.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/38203/4/S_PPB_1502159_Chapter3.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/38203/5/S_PPB_1502159_Chapter4.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/38203/6/S_PPB_1502159_Chapter5.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/38203/7/S_PPB_1502159_Appendix.pdf 
520 |a Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena temper tantrum yang sering dialami oleh anak usia prasekolah. Lazimnya perilaku temper tantrum terjadi pada anak usia 2-3 tahun, tetapi kurangnya pemahaman orangtua dan guru di sekolah terkait penanganan tantrum menimbulkan perilaku ini semakin berkembang pada usia yang lebih tinggi lagi yaitu saat anak memasuki masa prasekolah. Tujuan penelitian adalah untuk mendapatkan gambaran umum perilaku temper tantrum anak di TK Krida Nusantara Bandung Tahun Ajaran 2018/2019 dan upaya penanganannya melalui layanan bimbingan pribadi-sosial untuk mereduksi perilaku temper tantrum. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif. Populasi dan sampel dari penelitian ini yaitu murid di TK Krida Nusantara Bandung Tahun Ajaran 2018/2019 dengan responden berjumlah 40 orang. Pengumpulan data diperoleh melalui instrumen temper tantrum. Hasil penelitian menunjukkan gambaran temper tantrum anak di TK berada pada kategori sedang dengan persentase sebesar 60% (N=24) yang berarti perilaku tantrum yang dialami anak cenderung mulai sulit untuk dikendalikan dan tantrum cukup sering terjadi. Kata Kunci : Anak Prasekolah, Temper Tantrum, Bimbingan Pribadi-Sosial --------- The background of research by phenomenon of temper tantrum which is often experienced by preschoolers. Typically, temper tantrum behavior occurs in children aged 2-3 years, but the lack of understanding of parents and teachers in schools related to tantrum treatment gives rise to this behavior, which develops at a higher age when the child enters preschool. The aim of the study was to obtain an overview of the tantrum temper of children in TK Krida Nusantara Bandung Academic Year 2018/2019 and its handling efforts through personal-social guidance to reduce temper tantrum behavior. This study uses a quantitative approach with descriptive methods. The population and samples from this study were students at TK Krida Nusantara Bandung Academic Year 2018/2019 with 40 respondents. Data collection was obtained through temper tantrum instruments. The results showed a picture of the temper tantrum of children in kindergarten was in the moderate category with a percentage of 60% (N=24), which meant that tantrum behavior experienced by children tended to begin to be difficult to control and usually tantrums were quite common. Keywords : Preschool children , Temper Tantrums, Personal-Social Guidance. 
546 |a en 
690 |a BF Psychology 
690 |a L Education (General) 
690 |a LB1501 Primary Education 
655 7 |a Thesis  |2 local 
655 7 |a NonPeerReviewed  |2 local 
787 0 |n http://repository.upi.edu/38203/ 
787 0 |n http://repository.upi.edu 
856 4 1 |u http://repository.upi.edu/3823/