PERBANDINGAN KARAKTER KEINGINTAHUAN PESERTA DIDIK YANG TINGGAL DI ASRAMA DENGAN YANG TINGGAL BERSAMA ORANG TUA

Karakter keingintahuan merupakan sikap dan perilaku manusia dalam mengenal, memahami, dan mengalami pengetahuan secara mendalam untuk menghilangkan ketidakpahaman. Sehingga karakter keingintahuan menjadi motivasi kuat yang ada pada diri manusia. Karakter keingintahuan termasuk karakter yang harus di...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Siti Nuraeni, - (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2019-07-19.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/38221/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
LEADER 04132 am a22002893u 4500
001 repoupi_38221
042 |a dc 
100 1 0 |a Siti Nuraeni, -  |e author 
245 0 0 |a PERBANDINGAN KARAKTER KEINGINTAHUAN PESERTA DIDIK YANG TINGGAL DI ASRAMA DENGAN YANG TINGGAL BERSAMA ORANG TUA 
260 |c 2019-07-19. 
500 |a http://repository.upi.edu/38221/1/S_PPB_1500886_Title.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/38221/2/S_PPB_1500886_Chapter1.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/38221/3/S_PPB_1500886_Chapter2.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/38221/5/S_PPB_1500886_Chapter3.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/38221/6/S_PPB_1500886_Chapter4.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/38221/7/S_PPB_1500886_Chapter5.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/38221/8/S_PPB_1500886_Appendix.pdf 
520 |a Karakter keingintahuan merupakan sikap dan perilaku manusia dalam mengenal, memahami, dan mengalami pengetahuan secara mendalam untuk menghilangkan ketidakpahaman. Sehingga karakter keingintahuan menjadi motivasi kuat yang ada pada diri manusia. Karakter keingintahuan termasuk karakter yang harus dikembangkan dalam pendidikan Indonesia, keingintahuan ditemukan sebagai indikator pembelajaran yang signifikan. Karakter keingintahuan dapat berkembang dan meningkat dipengaruhi salah satunya faktor lingkungan, baik lingkungan keluarga, sekolah (termasuk di dalamnya asrama), dan lingkungan masyarakat. Lingkungan yang baik adalah lingkungan kondusif yang dapat mengorganisir, memfasilitasi, dan merangsang keingintahuan dan perilaku eksplorasi pada anak. Tujuan penelitian adalah untuk mendekripsikan perbandingan karakter keingintahuan peserta didik kelas VII dan VIII MTs Al-Inayah Bandung berdasarkan jenis tempat tinggal yaitu peserta didik tinggal di asrama dengan peserta didik tinggal bersama orangtua. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian deskriptif. Instrumen yang digunakan adalah angket karakter keingintahuan. Hasil penelitian pada peserta didik kelas VII & VIII MTs Al-Inayah Bandung Tahun Ajaran 2018/2019 menunjukan kecenderungan karakter keingintahuan berada pada kategori sedang, dan tidak terdapat perbedaan karakter keingintahuan yang signifikan antara Peserta Didik tinggal di asrama dengan Peserta Didik tinggal bersama orangtua. Kata Kunci : Karakter keingintahuan, Asrama, Orangtua ----------Curiosity is human attitude and behavior in knowing, understanding, and experiencing knowledge deeply to eliminate misunderstanding. Thus, curiosity becomes an inner strong motivation. Curiosity is one of characters that must be developed in Indonesian education, curiosity is a significant indicator of learning. This characters could be develop and increase if it's influence by environmental factors, whether family or school (including boarding school), and community. The best environmental is conducive environment that can be organizing, facilitating, and stimulating the curiosity and explorative behavior toward children. The purpose of this research is to describe the comparison of students' character in curiosity, especially in 7th and 8th grade of MTs Al-Inayah Bandung based on the type of residence where students live in a boarding school with students living with their parents. The research approach used in this study is a quantitative approach with descriptive research design. The instrument used was an curiosity character questionnaire. The results of research on students in grade VII & VIII showed a tendency for curiosity characters to be in the medium category, and there were no significant differences in character of curiosity between students living in a boarding school with students living with their parents. Keywords : Curiosity, Boarding School, Parents 
546 |a en 
690 |a BF Psychology 
690 |a H Social Sciences (General) 
690 |a HQ The family. Marriage. Woman 
655 7 |a Thesis  |2 local 
655 7 |a NonPeerReviewed  |2 local 
787 0 |n http://repository.upi.edu/38221/ 
787 0 |n http://repository.upi.edu 
856 4 1 |u http://repository.upi.edu/38221/