PENGARUH PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) TERHADAP KESIAPAN MAHASISWA MENJADI GURU : Studi pada Mahasiswa Kependidikan Fakultas Ekonomi dan Bisnis UPI

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) terhadap kesiapan mahasiswa menjadi guru pada mahasiswa kependidikan di Fakultas Pendidikan Ekonomi dan Bisnis (FPEB) UPI. Desain penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif, menggunakan metode desk...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Rani Mutia, - (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2018-08-27.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/38229/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) terhadap kesiapan mahasiswa menjadi guru pada mahasiswa kependidikan di Fakultas Pendidikan Ekonomi dan Bisnis (FPEB) UPI. Desain penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif, menggunakan metode deskriptif dan verifikatif. Data yang dianalisis merupakan data yang diperoleh melalui penyebaran angket kepada mahasiswa FPEB UPI angkatan 2013-2014 yang sudah melaksanakan kegiatan PPL. Angket PPL tersusun dari 18 item pernyataan dengan 5 alternatif jawaban dan angket kesiapan menjadi guru tersusun dari 22 item pernyataan dengan 5 alternatif jawaban. Pengujian data menggunakan uji normalitas dengan menggunakan rumus uji Kolmogrov-Smirnov dan analisis korelasi dengan menggunakan rumus Pearson product moment. Seluruh pengolahan data menggunakan softwere Microsoft Statistical Product and Service Solution (SPSS) versi 22.0 Dari perhitungan uji t diketahui  , sehingga ditarik kesimpulan bahwa PPL berpengaruh positif terhadap kesiapan menjadi guru. ;---This research aimed to describe the influence of Field Experience Practice (PPL) on the students readiness to be teachers of students at Faculty of Economics and Business Education (FPEB) UPI. The research design used is quantitative research, using descriptive and verification methods. The data analyzed is data obtained through questionnaires to FPEB UPI students from 2013-2014 who have implemented PPL activities. Questionnaire PPL is composed of 18 items statement with 5 alternative answers and questionnaires readness to be a teacher composed of 22 items statement with 5 alternative answers. Testing data using normality test by using Kolmogrov-Smirnov test formula and correlation analysis by using Pearson product moment formula. All data processing using software Microsoft Statistical Product and Service Solution (SPSS) version 22.0 From t test calculation known  , so drawn the conclusion that PPL have positive influence on the readiness become teacher.
Item Description:http://repository.upi.edu/38229/1/S_PEA_1400299_Title.pdf
http://repository.upi.edu/38229/2/S_PEA_1400299_Abstract.pdf
http://repository.upi.edu/38229/3/S_PEA_1400299_Table_of_content.pdf
http://repository.upi.edu/38229/4/S_PEA_1400299_Chapter1.pdf
http://repository.upi.edu/38229/5/S_PEA_1400299_Chapter2.pdf
http://repository.upi.edu/38229/6/S_PEA_1400299_Chapter3.pdf
http://repository.upi.edu/38229/7/S_PEA_1400299_Chapter4.pdf
http://repository.upi.edu/38229/8/S_PEA_1400299_Chapter5.pdf
http://repository.upi.edu/38229/9/S_PEA_1400299_Bibliography.pdf
http://repository.upi.edu/38229/10/S_PEA_1400299_Appendix.pdf