PEMANFAATAN LINGKUNGAN SUMBER BELAJAR GEOGRAFI DI SMA NEGERI KOTA TANGERANG SELATAN

Sumber belajar merupakan segala sesuatu baik yang didesain maupun menurut sifatnya dapat dipakai atau dimanfaatkan dalam kegiatan pembelajaran untuk memudahkan belajar siswa. Sumber belajar ini ada yang berbentuk pesan, manusia, bahan, peralatan, teknik, lingkungan. Kawasan kars citatah memiliki pot...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Efriani, - (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2018-01-30.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/38239/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Sumber belajar merupakan segala sesuatu baik yang didesain maupun menurut sifatnya dapat dipakai atau dimanfaatkan dalam kegiatan pembelajaran untuk memudahkan belajar siswa. Sumber belajar ini ada yang berbentuk pesan, manusia, bahan, peralatan, teknik, lingkungan. Kawasan kars citatah memiliki potensi sebagai sumber belajar. Sumber belajar yang dapat di manfaatkan dalam pembelajaran geografi. Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui persebaran sumber belajar geografi kota tangerang selatan, 2) Untuk mengidentifikasi kesesuaian sumber belajar sebagai pembelajaran geografi, 3) Untuk mengetahui dalam penyediaan sumber belajar geografi kota tangerang selatan, 4) Untuk mengidentifikasi kendala yang ditemukan dalam sumber belajar geografi kota tangerang selatan. Penelitian ini menggunakan metode Deksriptif. Variabel penelitian adalah sumber belajar. Instrumen yang digunakan Lembar Observasi, Dokumentasi, Kuisioner/ Angket. Teknik analisis data yang digunakan persentase. Hasil penelitian menunjukan bahwa : (1) Persebaran sumber belajar di Kota Tangerang Selatan tersebar di 7 kecamatan yang berada di kecamatan Serpong, kecamatan Serpong Utara, kecamatan Ciputat, kecematan Ciputat Timur, kecamatan Pamulang, kecamatan Pondok Aren dan kecamatan Setu, (2) Memiliki kesesuaian dan dapat dijadikan sebagai sumber belajar yang berada di wilayah Kota Tangerang Selatan dapat dijadikan sumber pembelajaran pada mata pelajaran geografi, (3) Guru mengunakan pemanfaatan sumber belajar sebagai sumber belajar dengan bentuk bahan ajar dan media, contoh, tugas dan mengajak kelapangan, (4) Kendala dan faktor pendukung seperti kondisi fisik, sarana dan prasarana, fungsi wilayah Kota Tangerang Selatan, tersedianya narasumber dan objek wilayah Kota Tangerang Selatan yang dapat memperkaya ilmu pengetahuan. Faktor penghambatnya yaitu Keterbatasan waktu berkunjung, objek yang saling berjauhan dan iklim/ cuaca. ;---Learning resources are all things either designed or by their nature can be used or used in learning activities to facilitate student learning. These learning resources are in the form of messages, human, material, equipment, engineering, environment. Karst citatah area has potential as a learning resource. Learning resources that can be utilized in the learning of geography. The purpose of this study is: 1) To know the spread of geographic learning source of southern tangerang city, 2 To identify the suitability of learning resources as geography learning, 3) utilization to know in the provision of geographic learning resources of south tangerang city, 4) To identify the constraints found in geographic learning resources of southern tangerang city. This research uses descriptive method. Research variable is learning resource. Instrument used Observation Sheet, Documentation, Questionnaire / Questionnaire. Data analysis techniques used percentage. Research Results Show That : (1) The distribution of learning resources in South Tangerang City spread in 7 sub-districts located in Serpong sub-district, North Serpong sub-district, Ciputat sub-district, Ciputat Timur subdistrict, Pamulang sub-district, Pondok Aren sub-district and Setu sub-district, (2) Having conformity and can be used as a learning resource located in the area of South Tangerang City can be used as a source of learning on geography subjects, (3) Teachers use the strategy of utilizing the source of learning as a source of learning with the form of teaching materials and media, examples, tasks and invites spaciousness, (4) Constraints and supporting factors such as physical conditions, facilities and infrastructure, the function area of South Tangerang City, the availability of resource persons and objects of Tangerang Selatan area that can enrich the science. Inhibiting factors are limited time visiting, distant objects and climate / weather.
Item Description:http://repository.upi.edu/38239/1/S_GEO_1507621_Title.pdf
http://repository.upi.edu/38239/2/S_GEO_1507621_Abstract.pdf
http://repository.upi.edu/38239/3/S_GEO_1507621_Table_of_content.pdf
http://repository.upi.edu/38239/4/S_GEO_1507621_Chapter1.pdf
http://repository.upi.edu/38239/5/S_GEO_1507621_Chapter2.pdf
http://repository.upi.edu/38239/6/S_GEO_1507621_Chapter3.pdf
http://repository.upi.edu/38239/7/S_GEO_1507621_Chapter4.pdf
http://repository.upi.edu/38239/8/S_GEO_1507621_Chapter5.pdf
http://repository.upi.edu/38239/9/S_GEO_1507621_Bibliography.pdf
http://repository.upi.edu/38239/10/S_GEO_1507621_Appendix.pdf