ANALISIS GAYA BAHASA KIASAN PADA ALBUM CŒUR DE PIRATE KARYA BÉATRICE MARTIN

Penelitian ini mendeskripsikan gaya bahasa kiasan beserta fungsi gaya bahasa dalam menganalisis lagu-lagu yang terdapat pada album Cœur de Pirate. Tujuan dari penelitian ini tersebut, yaitu; mendeskripsikan jenis gaya bahasa kiasan pada album Cœur de Pirate, mendeskripsikan fungsi gaya bahasa pada a...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Putri Dwi Oktaviani, - (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2018-08-27.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/38241/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Penelitian ini mendeskripsikan gaya bahasa kiasan beserta fungsi gaya bahasa dalam menganalisis lagu-lagu yang terdapat pada album Cœur de Pirate. Tujuan dari penelitian ini tersebut, yaitu; mendeskripsikan jenis gaya bahasa kiasan pada album Cœur de Pirate, mendeskripsikan fungsi gaya bahasa pada album Cœur de Pirate, dan mplementasi gaya bahasa kiasan dan fungsi gaya bahasa yang terdapat pada album Cœur de Pirate karya Béatrice Martin pada pembelajaran Sémantique. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode penelitian deskriptif. Penelitian ini menggunakan teori Keraf (2010) yang berprinsip bahwa gaya bahasa kiasan memiliki 16 jenis, diantaranya yaitu; 1) simile, 2) metafora, 3) alegori, 4) personifikasi, 5) alusi, 6) eponim, 7) epitet, 8) sinekdoke, 9) metonimia, 10) antonomasia, 11) hipalase, 12) ironi sinisme dan sarkasme, 13) satire, 14) inuendo, 15) antifrasis, 16) pun/paronomasia. Fungsi gaya bahasa dari teori Peyroutet (1994) yang memiliki 6 (enam) jenis fungsi; fungsi emotif atau ekspresif, fungsi konatif, sungsi referensial, fungsi puitis, fungsi fatis, dan fungsi metalinguistik. Berdasarkan hasil penelitian ini, menemukan 49 lirik lagu yang mengandung gaya bahasa kiasan. Adapun dari 16 gaya bahasa kiasan, terdapat 10 gaya bahasa kiasan yang terkandung dalam album Cœur de Pirate. Hasil penelitian gaya bahasa kiasan dari 49 lirik lagu yang mengandung gaya bahasa kiasan. Selain itu, dari 6 (enam) jenis fungsi gaya bahasa terdapat 6 pula fungsi gaya bahasa yang terkandung dalam album Cœur de Pirate.;---This research describes the style of figurative language and the function of language style in analyzing songs contained in the album Cœur de Pirate. The purpose of this study, namely; describes the style of figurative language on the album Cœur de Pirate, describes the function of language style on the album Cœur de Pirate, and the implementation of figurative language styles and linguistic functions found in Béatrice Martin's Cœur de Pirate album on Semantique learning. This type of research is qualitative research using descriptive research methods. This study uses Keraf theory. Keraf has the principle that the style of figurative language has 16 types, which include; 1) simile, 2) metaphor, 3) allegory, 4) personification, 5) allusion, 6) eponym, 7) epithet, 8) sinekdoke, 9) metonymy, 10) antonomasia, 11) hypalase, 12) irony of cynicism and sarcasm , 13) satire, 14) inuendo, 15) antifrasis, 16) paronomasia. Language style function of the Peyroutet theory which has 6 types of functions; emotive or expressive functions, conative functions, referential function, poetic functions, phatic functions, and metalinguistic functions. Based on the results of this study, found 49 song lyrics containing figurative language styles. As for the 16 styles of figurative language, there are 10 styles of figurative language contained in the album Cœur de Pirate. The results of a figurative language style study of 49 song lyrics containing figurative language styles. In addition, of the 6 types of language style functions there are also 6 language style functions contained in the Cœur de Pirate album.
Item Description:http://repository.upi.edu/38241/1/S_PRS_1406495_Title.pdf
http://repository.upi.edu/38241/2/S_PRS_1406495_Abstract.pdf
http://repository.upi.edu/38241/3/S_PRS_1406495_Table_of_content.pdf
http://repository.upi.edu/38241/4/S_PRS_1406495_Chapter1.pdf
http://repository.upi.edu/38241/5/S_PRS_1406495_Chapter2.pdf
http://repository.upi.edu/38241/6/S_PRS_1406495_Chapter3.pdf
http://repository.upi.edu/38241/7/S_PRS_1406495_Chapter4.pdf
http://repository.upi.edu/38241/8/S_PRS_1406495_Chapter5.pdf
http://repository.upi.edu/38241/9/S_PRS_1406495_Bibliography.pdf
http://repository.upi.edu/38241/10/S_PRS_1406495_Appendix.pdf