TINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA SMP DITINJAU DARI SELF-REGULATED LEARNING

Berpikir kreatif matematis sangat berkaitan dengan prior knowledge, self-regulated learning. Kreativitas dapat didorong melalui soal-soal yang memerlukan strategi terbuka atau memiliki jawaban atau ide yang beragam. Dalam proses berpikir kreatif, siswa memberikan cara berpikir yang fleksibel untuk m...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Zulfina Fauzi, - (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2019-08-13.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/38264/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
LEADER 05466 am a22002893u 4500
001 repoupi_38264
042 |a dc 
100 1 0 |a Zulfina Fauzi, -  |e author 
245 0 0 |a TINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA SMP DITINJAU DARI SELF-REGULATED LEARNING 
260 |c 2019-08-13. 
500 |a http://repository.upi.edu/38264/6/T_MTK_1706890_Title.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/38264/2/T_MTK_1706890_Chapter1.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/38264/3/T_MTK_1706890_Chapter2.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/38264/4/T_MTK_1706890_Chapter3.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/38264/7/T_MTK_1706890_Chapter4.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/38264/5/T_MTK_1706890_Chapter5.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/38264/1/T_MTK_1706890_Appendix.pdf 
520 |a Berpikir kreatif matematis sangat berkaitan dengan prior knowledge, self-regulated learning. Kreativitas dapat didorong melalui soal-soal yang memerlukan strategi terbuka atau memiliki jawaban atau ide yang beragam. Dalam proses berpikir kreatif, siswa memberikan cara berpikir yang fleksibel untuk menyelesaikan masalah yang kompleks dan hasilnya akan memberikan pembelajaran berkualitas tinggi. Hal tersebut memerlukan atau membiasakan siswa untuk memiliki self-regulated learning yang baik, karena self-regulated learning membuat siswa memiliki sikap tanggung jawab dalam mengatur dan mendisiplinkan dirinya serta mengembangkan kemampuan belajar atas kemauan sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat keterampilan berpikir kreatif dan self regulated-learning siswa SMP dalam menyelesaikan masalah segitiga. Subjek penelitian ini adalah enam siswa kelas VII salah satu SMP di Bandung yaitu masing-masing dua siswa dengan kemampuan tinggi, sedang, dan rendah yang diukur berdasarkan Prior Knowledge matematika pada materi segitiga dan segiempat. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dan instrumen dalam penelitian ini adalah tes Prior Knowledge, tes berpikir kreatif dalam masalah segitiga dan segiempat, angket self regulated-learning, dan wawancara. Validitas data dilakukan dengan metode triangulasi dengan membandingkan hasil tes, angket dan data wawancara. Ada tiga langkah untuk menganalisis data, yaitu reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasilnya menunjukkan 1) siswa yang memiliki Kategori PK Tinggi juga memiliki Tingkatan Berpikir Kreatif Matematis yang Kreatif; 2) siswa yang memiliki Kategori PK Sedang memiliki Tingkatan Berpikir Kreatif Matematis yang berbeda yaitu Kreatif dan Cukup Kreatif; 3) siswa yang memiliki Kategori PK Rendah memiliki Tingkatan Berpikir Kreatif Matematis yang berbeda yaitu Kreatif dan Kurang Kreatif; 4) siswa yang memiliki Kriteria SRL Tinggi memiliki Tingkatan Berpikir Kreatif Matematis yang berbeda yaitu Kreatif dan Cukup Kreatif; 5) siswa yang memiliki Kriteria SRL Sedang memiliki Tingkatan Berpikir Kreatif Matematis yang Kreatif; 6) siswa yang memiliki Kriteria SRL Rendah memiliki Tingkatan Berpikir Kreatif Matematis yang berbeda yaitu Kreatif dan Kurang Kreatif. Mathematical creative thinking is related to prior knowledge, self-regulated learning. Creativity can be encouraged through questions that require an open strategy or have diverse answers or ideas. In the process of creative thinking, students provide a flexible way of thinking to solve complex problems and the results will provide high-quality learning. The high-qualiting learning needs or students get to used to have good self-regulated learning, because self-regulated learning makes students have an attitude of responsibility in regulating and disciplining themselves and developing learning abilities of their own wish. This study aims to analyze the level of creative thinking skills and self-regulated learning in junior high school students in solving triangle problems. The subjects of this study were six of VII grade students from one of junior high schools in Bandung. The students are categorised into three grups: high, medium, and low abilities; based on their mathematical prior knowledge (MPK) in triagles and quadilaterals. Data validity was done by triangulation method by comparing test results, questionnaires and interview data. There are three steps in analyzing data: namely data reduction, data presentation, and data verification. The results show that 1) the students who are in High PK Category also have a Creative Level of Creative Mathematical Thinking; 2) the students who have the PK category currently have different levels of mathematical creative thinking, namely creative and quite creative; 3) the students who have a Low PK Category have different levels of Mathematical Creative Thinking; namely Creative and Less Creative; 4) the students who have High level of SRL have different levels of Mathematical Creative Thinking; namely Creative and Quite Creative; 5) the students who have medium level of SRL are having a Creative Level of Creative Mathematical Thinking; 6) the students who have Low level of SRL have different levels of Mathematical Creative Thinking; namely Creative and Less Creative. 
546 |a en 
690 |a L Education (General) 
690 |a LB1603 Secondary Education. High schools 
690 |a QA Mathematics 
655 7 |a Thesis  |2 local 
655 7 |a NonPeerReviewed  |2 local 
787 0 |n http://repository.upi.edu/38264/ 
787 0 |n http://repository.upi.edu 
856 4 1 |u http://repository.upi.edu/38264/