PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY WITH READING INFUSION UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI LITERASI SAINTIFIK PESERTA DIDIK KELAS XI PADA TOPIK GELOMBANG BUNYI

Kompetensi literasi saintifik merupakan kemampuan yang perlu dibekalkan bagi peserta didik sebelum menghadapi kehidupan bermasyarakat. Dengan kompetensi ini peserta didik dapat menggunakan pengetahuan ilmiah dalam konteks dan situasi berbeda untuk menyelesaikan permasalahan dan pengambilan keputusan...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Diana Maulida, - (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2018-06-29.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/38428/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
LEADER 02859 am a22003133u 4500
001 repoupi_38428
042 |a dc 
100 1 0 |a Diana Maulida, -  |e author 
245 0 0 |a PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY WITH READING INFUSION UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI LITERASI SAINTIFIK PESERTA DIDIK KELAS XI PADA TOPIK GELOMBANG BUNYI 
260 |c 2018-06-29. 
500 |a http://repository.upi.edu/38428/1/S_FIS_1401368_Title.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/38428/2/S_FIS_1401368_Table_of_content.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/38428/3/S_FIS_1401368_Abstract.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/38428/4/S_FIS_1401368_Chapter1.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/38428/6/S_FIS_1401368_Chapter2.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/38428/7/S_FIS_1401368_Chapter3.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/38428/8/S_FIS_1401368_Chapter4.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/38428/9/S_FIS_1401368_Chapter5.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/38428/10/S_FIS_1401368_Bibliography.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/38428/11/S_FIS_1401368_Appendix.pdf 
520 |a Kompetensi literasi saintifik merupakan kemampuan yang perlu dibekalkan bagi peserta didik sebelum menghadapi kehidupan bermasyarakat. Dengan kompetensi ini peserta didik dapat menggunakan pengetahuan ilmiah dalam konteks dan situasi berbeda untuk menyelesaikan permasalahan dan pengambilan keputusan dengan metode ilmiah di masyarakat Penelitian eksperimen ini menggunakan pre-experimental designs dengan bentuk one group pre-test post-test design dengan populasi sejumlah 238 peserta didik di salah satu sekolah negeri di Bandung dan sampel 40 peserta didik yang diperoleh dengan teknik purposive sampling. Penelitian ini menggunakan instrumen test kompetensi literasi saintifik dengan reliabilitas 0,72, untuk melihat peningkatan kompetensi literasi saintifik ini dianalisis berdasarkan hasil pre-test dan post-test menggunakan uji-t dan analisis kurva normal. Inquiry dipilih sebagai cara untuk melatihkan kompetensi literasi saintifik mengingat Inquiry memiliki tahapan yang dipandang cocok serta memiliki keleluasaan untuk menentukan dominasi peran guru dan peserta didik berdasarkan kondisi peserta didik.. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada aspek menginterpretasi data dan bukti ilmiah lebih baik dibanding aspek lainnya, oleh karena itu penelitian ini perlu dilanjutkan untuk menemukan cara-cara yang lebih fokus dalam melatihkan kompetensi literasi saintifik tersebut. Kata Kunci : Inquiry; Kompetensi literasi saintifik; Reading Infusion. 
546 |a en 
690 |a L Education (General) 
690 |a QC Physics 
655 7 |a Thesis  |2 local 
655 7 |a NonPeerReviewed  |2 local 
787 0 |n http://repository.upi.edu/38428/ 
787 0 |n http://repository.upi.edu 
856 4 1 |u http://repository.upi.edu/38428/