PENGARUH LINGKUNGAN SOSIAL DAN GAYA HIDUP TERHADAP PERILAKU KONSUMEN

Penelitian ini dilatar belakangi oleh pola konsumsi manusia sering kali tidak didasarkan pada pertimbangan yang matang, sehingga terkadang tidak menyadari keterbatasan pendapatan yang dimilikinya hal ini berakibat pada pola konsumsi manusia yang tidak rasional. Berdasarkan penelitian pendahuluan per...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Isra Selvy Rolina, - (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2019-08-01.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/38445/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Penelitian ini dilatar belakangi oleh pola konsumsi manusia sering kali tidak didasarkan pada pertimbangan yang matang, sehingga terkadang tidak menyadari keterbatasan pendapatan yang dimilikinya hal ini berakibat pada pola konsumsi manusia yang tidak rasional. Berdasarkan penelitian pendahuluan perilaku konsumen mahasiswa pendidikan ekonomi UPI lebih didominasi oleh pertimbangan berdasarkan keinginan dan hasrat semata dibandingkan perilaku membeli yang mempertimbangkan rasional atau berdasarkan kebutuhan yang sebenarnya. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana pengaruh lingkungan sosial dan gaya hidup terhadap perilaku konsumen. Penelitian ini dilakukan pada mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Indonesia (UPI). Variabel Independen dalam penelitian ini adalah Lingkungan Sosial (X1) dan Gaya Hidup (X2), sedangkan variabel dependennya adalah Perilaku Konsumen (Y). Metode penelitian yang digunakan yaitu metode survei eksplanatori dengan kuesioner sebagai alat pengumpul data. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 150 orang mahasiswa dari total populasi mahasiswa Pendidikan Ekonomi UPI Angkatan 2016, 2017, dan 2018 yang berjumlah 242 mahasiswa. Temuan penelitian (1) lingkungan sosial berpengaruh positif terhadap perilaku konsumen, (2) Gaya hidup berpengaruh terhadap perilaku konsumen, (3) Lingkungan sosial dan gaya hidup secara bersama-sama berpengaruh terhadap perilaku konsumen. The background of this research is that the pattern of human consumption is often not based on folded considerations, so there is need to discuss the budget it has which results in irrational human consumption patterns. Based on preliminary research, the behavior of consumers of UPI economic education students is dominated by considerations based on desires and desires rather than buying behavior that considers rational or based on needs. This research was conducted to find out how social and lifestyle influences on consumer behavior. This research was conducted at the University of Indonesia Economic Education (UPI) student. Independent variables in this study are Social Environment (X1) and Lifestyle (X2), while the dependent variable is Consumer Behavior (Y). The research method used is the explanatory survey method with a questionnaire as a data collection tool. The sample in this study was released by 150 students from the total participants of the 2016, 2017, and 2018 UPI Economic Education students who supported 242 students. The results of research on (1) the social environment towards consumer lifestyles, (2) lifestyle related to consumer behavior, (3) social lifestyle and lifestyle together influence consumer behavior.
Item Description:http://repository.upi.edu/38445/1/T_PEKO_1706501_Title..pdf
http://repository.upi.edu/38445/2/T_PEKO_1706501_Chapter1.pdf
http://repository.upi.edu/38445/3/T_PEKO_1706501_Chapter2.pdf
http://repository.upi.edu/38445/4/T_PEKO_1706501_Chapter3.pdf
http://repository.upi.edu/38445/5/T_PEKO_1706501_Chapter4.pdf
http://repository.upi.edu/38445/6/T_PEKO_1706501_Chapter5.pdf
http://repository.upi.edu/38445/7/T_PEKO_1706501_Appendix.pdf