DESAIN BARU PADA PENERANGAN JALAN DENGAN PENDEKATAN HOMOGENIUSES LUMINAIRES DAN NON-HOMOGENIUSES

Proses pergantian teknologi penerangan jalan umum (PJU) dari lampu high pressure sodium (HPS) menjadi lampu Light Emitting Diode (LED) sering kali mengalami kesalahan desain, yang berakibat tidak menghasilkan efisiensi energi yang sesuai harapan. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan proses desai...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Dimas Ariwibowo, - (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2019-08-19.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/38449/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Proses pergantian teknologi penerangan jalan umum (PJU) dari lampu high pressure sodium (HPS) menjadi lampu Light Emitting Diode (LED) sering kali mengalami kesalahan desain, yang berakibat tidak menghasilkan efisiensi energi yang sesuai harapan. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan proses desain ulang PJU yang sudah menggunakan teknologi LED dengan menggunakan pendekatan Homogeniuses dan Non-Homogeniuses Luminaires. Studi dilakukan pada sebuah ruas jalan di kota Bandung yang memiliki Panjang 734 meter, dengan jumlah tiang lampu LED sebanyak 16 buah. Proses desain ulang menggunakan perangkat lunak open source DIALux Evo 8. Simulasi yang dilakukan memberikan hasil bahwa pendekatan Homogeniuses Luminaires lebih baik dalam hal penggunaan energi dan lebih ekonomis dari pendekatan Non-Homogeniuses Luminaires, karena dapat mereduksi kebutuhan jumlah tiang yang diperlukan, dan menghasilkan pencahayaan yang sesuai SNI. Proses desain PJU yang baik harus mempertimbangkan aspek teknis dan pembiayaan yang tepat dapat memberikan keuntungan bagi pengguna jalan dan pemerintah kota. The process of changing roadway lighting technology from high pressure sodium lamps to Light Emitting Diode (LED) lamps often experiences design errors, which results in not producing energy efficiency as expected. This study aims to conduct a process of redesigning PJU that has used LED technology using a homogeniuses and non-homogeniuses luminaire approach. The study was carried out on a road in the city of Bandung that has a length of 734 meters, with the number of LED light poles as many as 16. The simulation results show that the Homogeniuses Luminaires approach is better in terms of energy use and more economical than the Non-Homogeniuses Luminaires approach, because it can reduce the need for the number of poles needed, and produce lighting that according to SNI. A good PJU design process must consider the technical aspects and the right financing can benefit road users and the city government.
Item Description:http://repository.upi.edu/38449/1/S_TE_1500818_Title.pdf
http://repository.upi.edu/38449/2/S_TE_1500818_chapter1.pdf
http://repository.upi.edu/38449/3/S_TE_1500818_chapter2.pdf
http://repository.upi.edu/38449/4/S_TE_1500818_chapter3.pdf
http://repository.upi.edu/38449/5/S_TE_1500818_chapter4.pdf
http://repository.upi.edu/38449/6/S_TE_1500818_chapter5.pdf
http://repository.upi.edu/38449/7/S_TE_1500818_Appendix.pdf