PENERAPAN METODE PQ4R (PREVIEW, QUESTION, READ, REFLECT, RECITE, AND REVIEW) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR

Rendahnya minat baca siswa sekolah dasar memunculkan berbagai macam persoalan di antaranya adalah siswa kesulitan untuk membuat pertanyaan, menjawab pertanyaan, menentukan ide pokok, dan menuliskan kembali isi teks bacaan. Pada saat proses pembelajaran berlangsung dalam kegiatan menjawab pertanyaan,...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Silvy Nopia Ayu, - (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2019-08-14.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/38532/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
LEADER 04194 am a22002773u 4500
001 repoupi_38532
042 |a dc 
100 1 0 |a Silvy Nopia Ayu, -  |e author 
245 0 0 |a PENERAPAN METODE PQ4R (PREVIEW, QUESTION, READ, REFLECT, RECITE, AND REVIEW) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR 
260 |c 2019-08-14. 
500 |a http://repository.upi.edu/38532/1/S_PGSD_1500722_Title.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/38532/2/S_PGSD_1500722_Chapter1.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/38532/3/S_PGSD_1500722_Chapter2.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/38532/4/S_PGSD_1500722_Chapter3.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/38532/5/S_PGSD_1500722_Chapter4.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/38532/6/S_PGSD_1500722_Chapter5.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/38532/7/S_PGSD_1500722_Appendix.pdf 
520 |a Rendahnya minat baca siswa sekolah dasar memunculkan berbagai macam persoalan di antaranya adalah siswa kesulitan untuk membuat pertanyaan, menjawab pertanyaan, menentukan ide pokok, dan menuliskan kembali isi teks bacaan. Pada saat proses pembelajaran berlangsung dalam kegiatan menjawab pertanyaan, siswa cenderung lambat dan membutuhkan pengulangan dalam membaca teks bacaan. Hal ini disebabkan karena siswa cenderung menguasai lambang tulisan tanpa memahami isi bacaan. Masalah di atas ditemukan pada siswa kelas V SDN X Kota Bandung. Faktor lain yang memengaruhi keterampilan membaca siswa lainnya adalah kurangnya konsentrasi dalam pembelajaran serta metode yang digunakan oleh guru masih konvensional dan cenderung monoton. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan rencana pelaksanaan pembelajaran dan proses pelaksanaan pembelajaran dengan menerapkan metode PQ4R pada pembelajaran tematik. Selain itu, bertujuan untuk mendeskripsikan hasil peningkatkan keterampilan membaca pemahaman siswa kelas V sekolah dasar setelah menerapkan metode PQ4R. Penelitian yang dilakukan yaitu sebanyak II siklus dengan menggunakan metode penelitian tindakan kelas dengan model penelitian spiral menurut Kemmis & Mc.Taggart. Hasil dari penelitian ini menunjukkan peningkatan pada keterampilan membaca pemahaman siswa. Pada siklus I ketuntasan belajar siswa sebesar 53% sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 89%. Dengan demikian, penerapan metode PQ4R dapat meningkatkan keterampilan membaca pemahaman siswa kelas V sekolah dasar. Kata Kunci: keterampilan membaca pemahaman, metode PQ4R Low interest in reading elementary school students raises various kinds of problems including student's difficulty in making questions, answering questions, determining main ideas, rewriting contents of reading text. When learning process occurs in activity of answering questions, students tend to be slow and need repetition in reading texts. Because students incline to master writing symbol without understanding contents of reading. The problem found in fifth grade students of SDN X City of Bandung. Another factor influence reading skill of other students is less concentration in learning, methods used by the teacher still conventional and monotonous. This research aims to describe implementation plan of learning and process of implementing learning by PQ4R method to thematic learning. Moreover, to describe results of improving reading comprehension skills of fifth grade elementary school students after applying PQ4R method. The research implemented as many as two cycles using classroom action research with spiral research model according to Kemmis & Mc.Taggart. The results of this study show an upsurge in students reading comprehension skills. In first cycle students mastery learning was 53% while in the second cycle increased to 89%. Thus, application of PQ4R method can improve reading comprehension skills of fifth grade elementary school students. Keywords : reading comprehension skills, PQ4R method 
546 |a en 
690 |a L Education (General) 
690 |a LB1501 Primary Education 
655 7 |a Thesis  |2 local 
655 7 |a NonPeerReviewed  |2 local 
787 0 |n http://repository.upi.edu/38532/ 
787 0 |n http://respository.upi.edu 
856 4 1 |u http://repository.upi.edu/38532/