PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN UNTUK SISWA TPTU KELAS XI PADA MATA PELAJARAN KONTROL REFRIGERASI DAN TATA UDARA SESUAI DENGAN KURIKULUM 2013

Perubahan kurikulum 2013 dari pembelajaran berbasis konten menjadi pembelajaran berbasis kompetensi berpengaruh dalam pelaksanaan proses pembelajaran. Pengaruh yang signifikan terjadi karena pembelajaran berbasis kompetensi berorientasi pada tiga domain aspek yaitu pengetahuan (kognitif), keterampil...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Erika, - (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2018-07-03.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/38582/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Perubahan kurikulum 2013 dari pembelajaran berbasis konten menjadi pembelajaran berbasis kompetensi berpengaruh dalam pelaksanaan proses pembelajaran. Pengaruh yang signifikan terjadi karena pembelajaran berbasis kompetensi berorientasi pada tiga domain aspek yaitu pengetahuan (kognitif), keterampilan (psikomotor) dan sikap kerja (afektif). Inovasi dalam pembelajaran perlu dilakukan salah satunya dengan melakukan desain dan pengembangan terhadap bahan ajar seperti pada modul. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan pengembangan modul pembelajaran pada mata pelajaran kontrol refrigerasi dan tata udara yang sesuai dengan Kurikulum 2013 yang berorientasi pada tiga domain aspek yaitu pengetahuan (kognitif), keterampilan (psikomotor) dan sikap kerja (afektif) serta mengetahui tingkat respon siswa TPTU kelas XI terhadap modul pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan adalah research and deveopment (R&D) yang terdiri dari 6 langkah yaitu analisis pendahuluan, analisis kurikulum, penulisan dan penyusunan bahan ajar, uji coba produk, revisi, dan produk akhir. Instrumen penelitian yang digunakan berupa modul pembelajaran dan angket. Penyebaran angket itu sendiri dilakukan kepada siswa TPTU kelas XI sebanyak 32 responden. Hasil penelitian ini menghasilkan desain dan pengembangan modul pembelajaran yang sesuai dengan Kurikulum 2013 yang mencangkup tiga domain aspek yaitu kognitif, psikomotor dan afektif dan menghasilkan penilaian oleh siswa pada modul pembelajaran yang termasuk dalam kategori sangat layak dengan nilai persentase rata-rata sebesar 82,42%. Modul pembelajaran tersebut dapat diinterprestasikan sangat layak digunakan dalam proses pembelajaran. Desain dan pengembangan modul pembelajaran pada mata pelajaran kontrol refrigerasi dan tata udara yang peneliti buat terbukti menarik dan membuat siswa lebih tertarik untuk mempelajari modul tersebut, hal ini terbukti dari nilai interprestasi penilaian modul pembelajaran dengan 32 responden mendapatkan nilai rata-rata persentase sebesar 83,98%. Kata kunci: pengembangan, modul, kurikulum 2013, kompetensi Changes in the 2013 curriculum of content-based learning into competency-based learning have an effect on the implementation of the learning process. Significant influence occurs because competency-based learning is oriented on three aspects domains of knowledge (cognitive), skill (psychomotor) and work attitude (affective). Innovation in learning needs to be done one of them by doing the design and development of teaching materials as in the module. This study aims to produce the development of learning modules on the subjects of refrigeration control and air conditioning in accordance with the Curriculum 2013 which is oriented on three aspects domains of knowledge (cognitive), skill (psychomotor) and work attitude (affective) and also know the response level of students of TPTU class XI to the learning module. The research method used is research and development (R&D) which consists of 6 steps, namely preliminary analysis, curriculum analysis, writing and preparation of teaching materials, product trial, revision, and final product. Research instrument used in the form of learning module and questionnaire. The questionnaire itself was distributed to the students of TPTU class XI of 32 respondents. The results of this study resulted in the design and development of learning modules in accordance with the Curriculum 2013 covering three domains aspects of cognitive, psychomotor and affective and generate assessment by students on the learning modules included in the category of very decent with an average percentage of 82,42%. The learning modules can be interpreted very well to be used in the learning process. Development of learning modules on the subjects of refrigeration control and the air conditioning system that researchers make proved interesting and make the students more interested to learn the module, it is proven from the value of interpretation of the learning module rating with 32 respondents get the average value percentage of 83,98%. Keywords: development, modules, curriculum 2013, competence
Item Description:http://repository.upi.edu/38582/1/S_TM_1406988_Title.pdf
http://repository.upi.edu/38582/2/S_TM_1406988_Table_of_content.pdf
http://repository.upi.edu/38582/3/S_TM_1406988_Abstract.pdf
http://repository.upi.edu/38582/4/S_TM_1406988_Chapter1.pdf
http://repository.upi.edu/38582/5/S_TM_1406988_Chapter2.pdf
http://repository.upi.edu/38582/6/S_TM_1406988_Chapter3.pdf
http://repository.upi.edu/38582/7/S_TM_1406988_Chapter4.pdf
http://repository.upi.edu/38582/8/S_TM_1406988_Chapter5.pdf
http://repository.upi.edu/38582/9/S_TM_1406988_Bibliography.pdf
http://repository.upi.edu/38582/10/S_TM_1406988_Appendix.pdf