PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN PQ4R UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR

PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN PQ4R UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR Oleh Rizki Fauzi 1507409 ABSTRAK Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan siswa kelas V SD dalam memahami teks bacaan. Hal ini disebabkan oleh minat baca yang rendah dar...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Rizki Fauzi, - (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2019-08-15.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/38591/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN PQ4R UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR Oleh Rizki Fauzi 1507409 ABSTRAK Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan siswa kelas V SD dalam memahami teks bacaan. Hal ini disebabkan oleh minat baca yang rendah dari siswa serta strategi pembelajaran monoton yang kurang membangkitkan semangat membaca siswa. Permasalahan tersebut menjadi sangat penting untuk diselesaikan mengingat pada pembelajaran tematik memahami sebuah teks bacaan adalah kunci untuk bisa menguasai setiap muatan pelajarannya. Untuk mengatasi permasalahan tersebut peneliti memberi solusi dengan menerapkan strategi pembelajaran PQ4R pada proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan membaca pemahaman siswa kelas V SD melalui strategi pembelajaran PQ4R. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan model Kemmis dan MC Taggart yang dilaksanakan sebanyak 2 siklus. Partisipan penelitian ini adalah siswa kelas V di salah satu SD negeri yang ada di kecamatan Karanganyar Kota Bandung berjumlah 33 siswa. Data dikumpulkan dengan menggunakan lembar observasi dan juga lembar kerja. Hasil penelitian menunjukan bahwa nilai rata-rata keterampilan membaca pemahaman siswa meningkat dari 66,6 pada siklus I menjadi 82,9 pada siklus II. Begitupun dengan ketuntasan belajar siswa, pada siklus I 45,50% meningkat signifikan menjadi 90,90% pada siklus II. Data di atas menunjukan bahwa penerapan strategi pembelajaran PQ4R efektif untuk meningkatkan keterampilan membaca pemahaman siswa kelas V SD. Kata Kunci: strategi pembelajaran PQ4R, keterampilan membaca pemahaman APPLICATION OF PQ4R LEARNING STRATEGY TO IMPROVE READING COMPREHENSION SKILLS OF 5TH GRADE STUDENTS ELEMENTARY SCHOOL By Rizki Fauzi 1507409 ABSTRACT This research is motivated by the low ability of fifth grade elementary school students in understanding reading texts. This is caused by the low reading interest of students as well as monotonous learning strategies which are less uplifting to read students. These problems become very important to be solved considering the thematic learning to understand a reading text is the key to being able to master every content of the lesson. To overcome these problems researchers provide a solution by implementing the PQ4R learning strategy in the learning process. This study aims to improve reading skills of students in grade V elementary school through the PQ4R learning strategy. The research method used was classroom action research with Kemmis and MC Taggart models conducted in 2 cycles. The participants of this study were grade V students in one of the state elementary schools in the Karanganyar subdistrict of Bandung totaling 33 students. Data was collected using an observation sheet and also a worksheet. The results showed that the average value of students' reading comprehension skills increased from 66.6 in the first cycle to 82.9 in the second cycle. Likewise with students' mastery learning, in the first cycle 45.50% increased significantly to 90.90% in the second cycle. The data above shows that the application of the PQ4R learning strategy is effective for improving reading skills of students in grade V in elementary school. Keywords: PQ4R learning strategy, comprehension reading skills
Item Description:http://repository.upi.edu/38591/1/S_PGSD_1507409_Title.pdf
http://repository.upi.edu/38591/2/S_PGSD_1507409_Chapter1.pdf
http://repository.upi.edu/38591/3/S_PGSD_1507409_Chapter2.pdf
http://repository.upi.edu/38591/4/S_PGSD_1507409_Chapter3.pdf
http://repository.upi.edu/38591/5/S_PGSD_1507409_Chapter4.pdf
http://repository.upi.edu/38591/6/S_PGSD_1507409_Chapter5.pdf
http://repository.upi.edu/38591/7/S_PGSD_1507409_Appendix.pdf