PENGEMBANGAN METODE PERMAINAN SPELLING BEE UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS KOSAKATA BAHASA INGGRIS SISWA TUNANETRA TINGKAT SMPLB

Keterampilan berbahasa Inggris tidak terlepas dari empat aspek keterampilan yang saling berkaitan yaitu, aspek mendengarkan, berbicara, membaca dan menulis. Diantara empat keterampilan tersebut, menulis dianggap sebagai keterampilan paling sulit, sehingga dibutuhkan suatu metode khusus untuk melatih...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Ana Fatimatuzzahra, - (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2019-08-23.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/38594/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
LEADER 04420 am a22002773u 4500
001 repoupi_38594
042 |a dc 
100 1 0 |a Ana Fatimatuzzahra, -  |e author 
245 0 0 |a PENGEMBANGAN METODE PERMAINAN SPELLING BEE UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS KOSAKATA BAHASA INGGRIS SISWA TUNANETRA TINGKAT SMPLB 
260 |c 2019-08-23. 
500 |a http://repository.upi.edu/38594/1/T_PKKH_1707034_Title.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/38594/2/T_PKKH_1707034_Chapter%201.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/38594/3/T_PKKH_1707034_Chapter%202%20.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/38594/4/T_PKKH_1707034_Chapter%203%20.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/38594/5/T_PKKH_1707034_Chapter%204%20.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/38594/6/T_PKKH_1707034_Chapter%205%20.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/38594/7/T_PKKH_1707034_Appendix.pdf 
520 |a Keterampilan berbahasa Inggris tidak terlepas dari empat aspek keterampilan yang saling berkaitan yaitu, aspek mendengarkan, berbicara, membaca dan menulis. Diantara empat keterampilan tersebut, menulis dianggap sebagai keterampilan paling sulit, sehingga dibutuhkan suatu metode khusus untuk melatih keterampilan tersebut. Pada siswa tunanetra, menulis kosakata bahasa Inggris menjadi tantangan lain dalam proses pembelajaran, keterbatasan dalam melihat membuat siswa tunanetra sering mengalami kesalahan penulisan dalam struktur tulisan, hal ini didasarkan karena siswa hanya menulis kosakata bahasa Inggris berdasarkan apa yang didengar. Metode pembelajaran Spelling (mengeja) dan Dictation (dikte) saat ini dirasa kurang optimal. Sehingga dibutuhkan pengembangan metode menulis yang mampu mengatasi kesalahan penulisan seperti metode Spelling Bee. Adapun tujuan penelitian ini adalah merumuskan pengembangan metode Spelling Bee yang tepat untuk meningkatkan keterampilan menulis. Penelitian menggunakan metode Research & Development (R&D) yang ini terdiri dari tiga tahap, yaitu tahap pertama metode deskripsi untuk melihat kondisi objektif keterampilan menulis bahasa Inggris pada siswa dan kondisi proses pembelajaran yang ada di kelas; tahap kedua studi literatur dalam tahap perumusan pengembangan metode; tahap ketiga eksperimen dengan metode SSR desain A-B-A dan deskripsi kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh pengembangan metode Spelling Bee terhadap peningkatan keterampilan menulis siswa tunanetra tingkat SMPLB. Kata kunci: Mengeja, Metode Spelling Bee, Keterampilan Menulis, Siswa Tunanetra English language skills are inseparable from the four interrelated aspects of skills namely, listening, speaking, reading and writing aspects. Among these four skills, writing is considered the most difficult, so, special method is needed to practice this skill. For students with visual impairment, writing English vocabulary becomes a challenge in the learning process, the limitation in seeing makes students with visual impairment often experience writing errors in structure of writing, this is because the students only write English vocabulary based on what is heard. Method of spelling and dictation are currently considered less than optimal. The methods are needed to develop for overcoming writing errors, such as the Spelling Bee method. The purpose of this study is to formulate an appropriate development method of Spelling Bee to improve writing skills. The research uses the Research & Development (R&D) method which consists of three steps, namely first, preliminary study with the description method aims to see the objective condition of English writing skills in students and condition of the learning process in the classroom; second step of literature study to formulate method development; third step is method examination uses the SSR method with A-B-A design and qualitative description. The results showed there was an influence on the development of Spelling Bee method to improve the writing skill of students with visual impairment at the Special intermediate school (SMPLB) level. Keywords: Spelling, Method of Spelling Bee, Writing Skills, Students with visual impairment 
546 |a en 
690 |a L Education (General) 
690 |a LB1501 Primary Education 
655 7 |a Thesis  |2 local 
655 7 |a NonPeerReviewed  |2 local 
787 0 |n http://repository.upi.edu/38594/ 
787 0 |n http://repository.upi.edu 
856 4 1 |u http://repository.upi.edu/38594/