ANALISIS REPRESENTASI SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA DALAM MATERI BENTUK ALJABAR DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana kemampuan representasi siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) dalam materi bentuk aljabar ditinjau dari gaya kognitifnya serta mengidentifikasi kesalahan-kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal representasi bentuk aljabar. Untuk dapat mencapai...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Devina Ekaniya, - (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2019-08-21.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/3867/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana kemampuan representasi siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) dalam materi bentuk aljabar ditinjau dari gaya kognitifnya serta mengidentifikasi kesalahan-kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal representasi bentuk aljabar. Untuk dapat mencapai tujuan tersebut, rumusan masalah dirinci ke dalam dua hal, yakni: kemampuan representasi siswa SMP dengan gaya kognitif Field Dependent (FD) dalam materi bentuk aljabar; dan kemampuan representasi siswa SMP dengan gaya kognitif Field Dependent (FD) dalam materi bentuk aljabar. Jenis representasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah representasi yang dikemukakan oleh Posh, Lesh, & Behr (dalam Hwang, 2007) yaitu representasi simbolik, representasi visual, dan representasi verbal. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan grounded theory. Penelitian ini melibatkan 32 siswa kelas VII di salah satu SMP Negeri di Kota Cimahi. Berdasarkan hasil penelitian, terungkap bahwa kemampuan representasi siswa FD dalam menyajikan representasi simbolik sudah cukup baik, namun siswa FD masih kurang baik dalam menyajikan representasi visual dan dalam menyajikan representasi verbal siswa FD belum bisa menyajikan representasi tersebut secara spesifik dan analitis. Sedangkan kemampuan representasi siswa FI dalam menyajikan representasi simbolik, visual maupun verbal dari bentuk aljabar sudah cukup baik. Dan siswa FI dapat menyajikan representasi-representasi tersebut secara spesifik dan analitis. Kesalahan yang dilakukan oleh beberapa siswa FD maupun siswa FI berdasarkan prosedur kesalahan Newman merupakan kesalahan transformasi dan kesalahan pemahaman.
Item Description:http://repository.upi.edu/38670/1/S_MAT_1502090_Title.pdf
http://repository.upi.edu/38670/2/S_MAT_1502090_Chapter1.pdf
http://repository.upi.edu/38670/3/S_MAT_1502090_Chapter2.pdf
http://repository.upi.edu/38670/4/S_MAT_1502090_Chapter3.pdf
http://repository.upi.edu/38670/5/S_MAT_1502090_Chapter4.pdf
http://repository.upi.edu/38670/6/S_MAT_1502090_Chapter5.pdf
http://repository.upi.edu/38670/7/S_MAT_1502090_Appendix.pdf