PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS NONRUTIN PADA TOPIK LINGKARAN SMA: STUDI TRANSPOSISIONAL

Pemecahan masalah merupakan salah satu keterampilan praktis yang menjadi maksud dalam pembelajaran matematika SMA berdasarkan kurikulum 2013. Dalam penelitian ini, pengalaman pemecahan masalah Analisis Real ditransposisi untuk membantu siswa melakukan pemecahan masalah pada topik lingkaran SMA. Pros...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Siti Maemunah, - (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2019-08-21.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/38785/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Pemecahan masalah merupakan salah satu keterampilan praktis yang menjadi maksud dalam pembelajaran matematika SMA berdasarkan kurikulum 2013. Dalam penelitian ini, pengalaman pemecahan masalah Analisis Real ditransposisi untuk membantu siswa melakukan pemecahan masalah pada topik lingkaran SMA. Proses transposisi dilakukan dalam membuat desain masalah pada topik lingkaran SMA, dan dalam membuat antisipasi dan scaffolding yang dapat digunakan untuk membantu proses pemecahan masalah yang dilakukan siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan pengetahuan mengenai transposisi dari pengalaman pemecahan masalah Analisis Real ke dalam pemecahan masalah matematis nonrutin pada topik lingkaran SMA. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan desain penelitian paradigma interpretatif, dan dilakukan kepada tiga orang subjek yang telah belajar topik lingkaran. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi partisipatif, dokumentasi tertulis dan video, serta wawancara. Berdasarkan analisis temuan, diperoleh karakteristik dari masalah Analisis Real, masalah pada topik lingkaran hasil transposisi, antisipasi pemecahan masalah yang dilakukan siswa, scaffolding yang diberikan, dan proses pemecahan masalah (ways of thinking) yang dilakukan siswa dalam memecahkan masalah pada topik lingkaran SMA yang diberikan. Adapun, dari penelitian ini, diketahui bahwa dalam menyelesaikan masalah yang diberikan, siswa cenderung melakukan proses matematis dan mencapai tingkat perkembangan potensial dengan diberikan bantuan oleh peneliti. Selain itu, sebagian besar proses penyelesaian masalah maupun kesulitan yang dialami oleh siswa sesuai dengan yang telah diprediksi oleh peneliti dan dapat diatasi dengan scaffolding yang telah disiapkan sebelumnya maupun yang diberikan sesuai kebutuhan siswa. Kata kunci: transposisi didaktis, lingkaran, ways of thinking, ways of understanding. ------ Nonroutine mathematic problem solving on high school circle topic: Transpositional studies. Problem solving is one of practical skills that become the objective of mathematic learning in high school based on curriculum 2013. In this study, real analysis problem solving experience was transposed in order to assist students solving circle topic in high school level. Transposition process was conducted to create problem design on circle topic in high school level and also to make anticipation and scaffolding to support problem solving process. The aim of this study is to build knowledge about transposition from real analysis problem solving experience to non-routine mathematical problem solving on circle topic. This study used qualitative method with interpretative paradigm research design. Furthermore, three students who have learnt circle topic were involved as the subject of this study. The data was obtained through participative observation, written documentation, video recording, and interview. Based on finding analysis, there were several points obtained; characteristics of real analysis problem, problem on circle topic as a result of transposition, problem solving anticipation by students, given scaffolding, and problem solving process on circle topic ( ways of thinking) done by students. In addition, it was found that the students tend to do mathematical process when solving the problem. They also reached the potential development level under researcher assistance. Last but not least, most of problem solving process or difficulties experienced by students correspond to the researcher prediction. It can be solved by scaffolding which has been prepared. Keyword: didactical transposition, circle, ways of thinking, ways of understanding
Item Description:http://repository.upi.edu/38785/1/S_MAT_1504740_Title.pdf
http://repository.upi.edu/38785/2/S_MAT_1504740_Chapter1.pdf
http://repository.upi.edu/38785/3/S_MAT_1504740_Chapter2.pdf
http://repository.upi.edu/38785/4/S_MAT_1504740_Chapter3.pdf
http://repository.upi.edu/38785/5/S_MAT_1504740_Chapter4.pdf
http://repository.upi.edu/38785/6/S_MAT_1504740_Chapter5.pdf
http://repository.upi.edu/38785/7/S_MAT_1504740_Appendix.pdf