IMPLEMENTASI PROGRAM BANDUNG MASAGI TERHADAP PEMBENTUKAN KARAKTER PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN IPS : Studi Deskriptif pada Peserta Didik di SMP Kartika XIX-2 Bandung

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya pembentukan karakter sejak dini melalui penanaman nilai kearifan lokal Sunda, yang merupakan identitas diri sebagai salah satu bagian dari orang Sunda. Oleh karena itu adanya program Bandung Masagi sebagai upaya pembentukan karakter menarik perhatian p...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Ayu Sutriani, - (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2019-08-05.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/38795/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya pembentukan karakter sejak dini melalui penanaman nilai kearifan lokal Sunda, yang merupakan identitas diri sebagai salah satu bagian dari orang Sunda. Oleh karena itu adanya program Bandung Masagi sebagai upaya pembentukan karakter menarik perhatian penulis. Sehingga penulis tertarik terhadap upaya membentuk karakter peserta didik melalui Implementasi Program Bandung Masagi, pelaksanaan penerapan nilai-nilai Program Bandung Masagi terhadap pembentukan karakter peserta didik dalam pembelajaran IPS, mengetahui dampak dari Implementasi Program Bandung Masagi terhadap pembentukan karakter peserta didik dalam Pembelajaran IPS, penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan informasi sebanyak sembilan orang dengan pengumpulan data dilakukan di SMP Kartika XIX-2 Bandung dengan teknik wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program Bandung Masagi merupakan sebuah upaya yang bagus bertujuan untuk membentuk karakter bangsa berlandaskan filosofis kearifan lokal Sunda dengan cara mengajak peserta didik untuk ikut berpartisipasi langsung dalam setiap kegiatan membentuk karakter. Pelaksanaan penerapan nilai-nilai program Bandung Masagi di lapangan berjalan dengan baik karena sekolah tidak hanya melakukan kegiatan di luar pembelajaran pihak sekolah juga menerapkan nilai-nilai Bandung Masagi ke dalam mata pelajaran. Sehingga peserta didik dapat mengoptimalkan potensi dalam dirinya untuk membentuk karakter yang bernilai luhur seperti orang Sunda. Kata kunci: program Bandung Masagi, nilai-nilai kearifan lokal Sunda, pembentukan karakter. This research is in the background of the importance of early character formation through the planting of the value of Sundanese local wisdom, which is a self-identity as a part of the Sundanese people. Therefore the existence of the Bandung Masagi program as an effort to shape the character attracted the attention of the author. So that the authors are interested in the efforts to shape the character of students through the Bandung Masagi Program Implementation, the implementation of the Bandung Masagi Program values towards the formation of students character in social studies learning, knowing the impact of Bandung Masagi Program Implementation on the formation of students character in Social Studies Learning, this research using descriptive research methods. The research approach used is a qualitative approach with information as many as nine people with data collection conducted at SMP Kartika XIX-2 Bandung with interview, observation, and documentation study techniques. The results of the study indicate that the Bandung Masagi program is a good effort aimed at shaping the nations character based on the philosophical wisdom of Sundanese local wisdom by inviting students to participate directly in each activity forming character. The implementation of the Bandung Masagi program values in the field went well because the school did not only carry out activities outside of learning, the school also applied Bandung Masagi values to the subjects. So that students can optimize their potential to form noble values like Sundanese. Keywords: Bandung Masagi program, Sundanese local wisdom values, character formation
Item Description:http://repository.upi.edu/38795/1/S_PIPS_1500162_Cover.pdf
http://repository.upi.edu/38795/2/S_PIPS_1500162_BAB%201.pdf
http://repository.upi.edu/38795/3/S_PIPS_1500162_BAB%202.pdf
http://repository.upi.edu/38795/4/S_PIPS_1500162_BAB%203.pdf
http://repository.upi.edu/38795/5/S_PIPS_1500162_BAB%204.pdf
http://repository.upi.edu/38795/6/S_PIPS_1500162_BAB%205.pdf
http://repository.upi.edu/38795/7/S_PIPS_1500162_LAMPIRAN.pdf