KELAYAKAN ALAT EVALUASI BERBASIS MULTIMEDIA INTERAKTIF MENGGUNAKAN CONTRUCT 2 PADA PELAJARAN DASAR PENGENDALIAN MUTU HASIL PERTANIAN DI SMK PEMBANGUNAN PERTANIAN NEGERI LEMBANG

Belajar dan latihan soal sangat dibutuhkan siswa untuk mempersiapkan diri menghadapi ujian. Latihan soal pada umumnya masih menggunakan metode konvensional, metode ini kurang menarik bagi peserta didik. Metode ini tidak bisa dilakukan sendiri dan perlu bimbingan guru. Belum tersedianya sarana belaja...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Mada Ramadhanti, - (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2019-08-09.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/38857/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
LEADER 03189 am a22002773u 4500
001 repoupi_38857
042 |a dc 
100 1 0 |a Mada Ramadhanti, -  |e author 
245 0 0 |a KELAYAKAN ALAT EVALUASI BERBASIS MULTIMEDIA INTERAKTIF MENGGUNAKAN CONTRUCT 2 PADA PELAJARAN DASAR PENGENDALIAN MUTU HASIL PERTANIAN DI SMK PEMBANGUNAN PERTANIAN NEGERI LEMBANG 
260 |c 2019-08-09. 
500 |a http://repository.upi.edu/38857/8/S_PTA_1500947_Title.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/38857/2/S_PTA_1500947_Chapter%201.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/38857/3/S_PTA_1500947_Chapter%202.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/38857/4/S_PTA_1500947_Chapter%203.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/38857/5/S_PTA_1500947_Chapter%204.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/38857/6/S_PTA_1500947_Chapter%205.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/38857/7/S_PTA_1500947_Appendix.pdf 
520 |a Belajar dan latihan soal sangat dibutuhkan siswa untuk mempersiapkan diri menghadapi ujian. Latihan soal pada umumnya masih menggunakan metode konvensional, metode ini kurang menarik bagi peserta didik. Metode ini tidak bisa dilakukan sendiri dan perlu bimbingan guru. Belum tersedianya sarana belajar mandiri bagi siswa, menjadi peluang bagi penulis untuk mengembangkan alat evaluasi berbasis multimedia interaktif, untuk memudahkan dan membuat peserta didik lebih tertarik untuk belajar dan siap menghadapi ujian. Tujuan penelitian ini yaitu mengetahui tahapan perancangan pembuatan produk dan mengetahui kelayakan produk yang dikembangkan. Pengembangan alat evaluasi berbasis multimedia interaktif dilakukan menggunakan metode Research and Development. Perancangan produk awal dalam pembuatan alat evaluasi berbasis multimedia interaktif dengan mobile learning menggunakan contruct 2 diawali dengan mengumpulkan RPP, silabus, soal, kunci jawaban dan pembahasan. Setelah semua data yang dibutuhkan terkumpul, dilakukan perancangan alat evaluasi berbasis multimedia interaktif yaitu pembuatan flowchart dan storyboard yang menjadi acuan untuk pengembangan produk. Kelayakan media diukur berdasarkan hasil validasi ahli media dan ahli materi, serta hasil uji coba dan tingkat motivasi terhadap peserta didik kelas X jurusan Agorindustri Pengolahan Hasil Pertanian di SMK PP Negeri Lembang. Hasil validasi oleh validator menunjukkan bahwa pada kelayakan media dan kelayakan alat evaluasi termasuk ke dalam kategori "Sangat Layak". Uji coba produk skala kecil dan uji coba produk skala besar yang dilakukan oleh peserta didik termasuk ke dalam kategori "Sangat setuju" yang dikonversi menjadi kategori "Sangat layak". Tingkat motivasi yang ditimbulkan dengan adanya alat evaluasi berbasis multimedia interaktif ini sangat tinggi, yang berarti perancangan alat evaluasi berbasis multimedia interaktif ini mampu meningkatkan motivasi peserta didik ketika mengerjakan soal dan belajar. 
546 |a en 
690 |a L Education (General) 
690 |a S Agriculture (General) 
655 7 |a Thesis  |2 local 
655 7 |a NonPeerReviewed  |2 local 
787 0 |n http://repository.upi.edu/38857/ 
787 0 |n http://repository.upi.edu 
856 4 1 |u http://repository.upi.edu/38857/