PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa melalui penerapan model Pembelajaran Berbasis Masalah di kelas V Sekolah Dasar. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh penemuan peneliti bahwa kemampuan pemecahan masalah siswa di kelas tersebut masih...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Uswatun Amaliah, - (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2019-08-15.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/38933/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
LEADER 03644 am a22002773u 4500
001 repoupi_38933
042 |a dc 
100 1 0 |a Uswatun Amaliah, -  |e author 
245 0 0 |a PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR 
260 |c 2019-08-15. 
500 |a http://repository.upi.edu/38933/2/S_PGSD_1503448_Title.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/38933/1/S_PGSD_1503448_Chapter1.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/38933/4/S_PGSD_1503448_Chapter2.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/38933/6/S_PGSD_1503448_Chapter3.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/38933/5/S_PGSD_1503448_Chapter4.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/38933/3/S_PGSD_1503448_Chapter5.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/38933/7/S_PGSD_1503448_Appendix.pdf 
520 |a Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa melalui penerapan model Pembelajaran Berbasis Masalah di kelas V Sekolah Dasar. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh penemuan peneliti bahwa kemampuan pemecahan masalah siswa di kelas tersebut masih tergolong rendah. Oleh karena itu, perlu adanya model pembelajaran yang dapat memberikan pengalaman memecahkan masalah yaitu dengan menggunakan model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM). Adapun langkah-langkahnya terdiri dari: 1) orientasi siswa pada masalah, 2) mengorganisasikan siswa untuk belajar, 3) membimbing penyelidikan individu maupun kelompok, 4) mengembangkan dan menyajikan hasil karya, dan 5) menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan model yang dikembangkan oleh Kemmis dan Mc. Taggart, yaitu model yang terdiri dari empat tahapan dalam setiap siklusnya. Setelah penelitian ini dilakukan terdapat peningkatan hasil dari 65,63% pada siklus I menjadi 93,75% pada siklus II. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa model Pembelajaran Berbasis Masalah dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas V SD. This research was conducted with the aim of improving students' mathematical problem solving abilities through the application of the Problem Based Learning model in the fifth grade of Elementary School. This research is motivated by the findings of the researchers that the problem solving ability of students in that class is still relatively low. Therefore, there needs to be a learning model that can provide a problem-solving experience by using a Problem Based Learning (PBL) model. The steps of PBL consist of: 1) student orientation on the problem, 2) organizing students to learn, 3) guiding individual and group investigations, 4) developing and presenting the work, and 5) analyzing and evaluating the problem solving process. The method used in this study is the Classroom Action Research (CAR) method using a model developed by Kemmis and Mc. Taggart, which is a model that consists of four stages in each cycle. After this study there was an increase in results from 65.63% in the first cycle to 93.75% in the second cycle. Based on these results it can be concluded that the Problem Based Learning model can improve the mathematical problem solving abilities of fifth grade elementary school students. 
546 |a en 
690 |a L Education (General) 
690 |a LB1501 Primary Education 
655 7 |a Thesis  |2 local 
655 7 |a NonPeerReviewed  |2 local 
787 0 |n http://repository.upi.edu/38933/ 
787 0 |n http://repository.upi.edu 
856 4 1 |u http://repository.upi.edu/38933/