EFEKTIVITAS METODE DRILL AND PRACTICE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN TEKONOLOGI PERKANTORAN KELAS X PROGRAM KEAHLIAN ADMINISTRASI PERKANTORAN DI SMK NEGERI 1 BANDUNG

Masalah yang menjadi kajian dalam penelitian ini adalah mengenai rendahnya hasil belajar siswa. Inti kajiannya difokuskan pada salah satu faktor yang mempengaruhi hasil belajar siswa yaitu metode belajar. Metode belajar yang diambil adalah metode belajar latihan praktik (drill and practice). Berdasa...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Isna Astuti, - (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2018-07-25.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/38987/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Masalah yang menjadi kajian dalam penelitian ini adalah mengenai rendahnya hasil belajar siswa. Inti kajiannya difokuskan pada salah satu faktor yang mempengaruhi hasil belajar siswa yaitu metode belajar. Metode belajar yang diambil adalah metode belajar latihan praktik (drill and practice). Berdasarkan hal tersebut, pokok masalah yang diungkap dalam penelitian ini adalah sejauh mana efektivitas metode drill and practice terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini terdiri dari dua variabel yaitu metode belajar latihan praktik (drill and practice) (X) dan hasil belajar siswa (Y). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pre-eksperimen, dan bentuk pre-eksperimen yang dipilih adalah One Group Pretest-Posttest Design. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan tes sedangkan teknik analisis data menggunakan Dependent sample t-test untuk melihat perbedaan peningkatan hasil belajar peserta didik kelas eksperimen. Subjek penelitian ini yaitu Kelas X AP 4 sebagai kelas eksperimen. Hasil penelitian menunjukan bahwa peningkatan kemampuan psikomotor peserta didik yang menerapkan metode belajar latihan praktik (drill and practice) efektif untuk diterapkan. Dengan demikian terdapat perbedaan antara hasil pre-test penerapan metode belajar latihan praktik (drill and practice) dengan hasil post-test pada kelas eksperimen.;--The problem is being studied in this research is about the low of student learning outcomes. The main of the study is focused on one of the factors that affect student learning outcomes is the method of learning. Learning method which was taken is the method of learning exercise (drill). Based on it, the main problem revealed in this research is the extent of the effectiveness of drill and practice methods on student learning outcomes. This research consist of two variable, these are learning method drill (X) and result of student learning (Y). The method used in this research is the Pre-Experimental method, and the pre-experimental form selected is One Group Pretest-Posttest Design. Technique of collecting data by using test while technique of data analysis using Dependent sample t-test to see difference of improvement of learners learn result between pre-test and posttest. The subjects of this research are Class X Of The Office Administration Program 4 as experiment class. The results showed that the improvement of psychomotor ability of learners who apply the learning method of drill and practice is higher. Thus there is a difference between the application of drill learning.
Item Description:http://repository.upi.edu/38987/1/S_PKR_1407028_Title.pdf
http://repository.upi.edu/38987/2/S_PKR_1407028_Abstract.pdf
http://repository.upi.edu/38987/3/S_PKR_1407028_Table_of_Content.pdf
http://repository.upi.edu/38987/4/S_PKR_1407028_Chapter1.pdf
http://repository.upi.edu/38987/5/S_PKR_1407028_Chapter2.pdf
http://repository.upi.edu/38987/6/S_PKR_1407028_Chapter3.pdf
http://repository.upi.edu/38987/7/S_PKR_1407028_Chapter4.pdf
http://repository.upi.edu/38987/8/S_PKR_1407028_Chapter5.pdf
http://repository.upi.edu/38987/9/S_PKR_1407028_Bibliography.pdf
http://repository.upi.edu/38987/10/S_PKR_1407028_Appendix.pdf