PENGARUH SARANA PRASARANA PEMBELAJARAN TERHADAP EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN SISWA PADA MATA PELAJARAN PRODUKTIF PROGRAM KEAHLIAN ADMINISTRASI PERKANTORAN DI SMK SANGKURIANG 1 CIMAHI

Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah belum optimalnya efektivitas pembelajaran pada mata pelajaran produktif kelas X di SMK Sangkuriang 1 Cimahi. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana pengaruh sarana prasarana pembelajaran terhadap efektivitas pembelajaran pada mata pel...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Selly Rismalasari, - (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2018-07-25.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/39/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah belum optimalnya efektivitas pembelajaran pada mata pelajaran produktif kelas X di SMK Sangkuriang 1 Cimahi. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana pengaruh sarana prasarana pembelajaran terhadap efektivitas pembelajaran pada mata pelajaran produktif kelas X pada tahun ajaran 2016/2017. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan angket model skala likert. Responden adalah 54 pendidik di SMK Sangkuriang 1 Cimahi tahun ajaran 2016/2017. Teknik analisis data menggunakan regresi sederhana. Hasil penelitian diperoleh bahwa sarana prasarana pembelajaran memiliki pengaruh terhadap efektivitas pembelajaran. Oleh karena itu, efektivitas pembelajaran dapat ditingkatkan melalui peningkatan sarana prasarana pembelajaran dari sekolah itu sendiri.;--The problems examined in this study is not optimal effectiveness of learning in class X productive subjects in vocational Sangkuriang 1 Cimahi. This study was conducted to determine how the influence of infrastructure on the effectiveness of learning in class X productive subjects in the academic year 2016/2017. This research uses a descriptive method. Data collection technique used questionnairemodels. Likert scale Respondents are 54 educators in vocational Sangkuriang 1 Cimahi academic year 2016/2017. Data were analyzed using simple regression. Results showed that the infrastructure had an influence on the effectiveness of learning. Therefore, the effectiveness of learning can be enhanced through improvement of infrastructure of the school itself.
Item Description:http://repository.upi.edu/39000/1/S_PKR_1400297_Title.pdf
http://repository.upi.edu/39000/2/S_PKR_1400297_Abstract.pdf
http://repository.upi.edu/39000/3/S_PKR_1400297_Table_of_Content.pdf
http://repository.upi.edu/39000/4/S_PKR_1400297_Chapter1.pdf
http://repository.upi.edu/39000/5/S_PKR_1400297_Chapter2.pdf
http://repository.upi.edu/39000/6/S_PKR_1400297_Chapter3.pdf
http://repository.upi.edu/39000/7/S_PKR_1400297_Chapter4.pdf
http://repository.upi.edu/39000/8/S_PKR_1400297_Chapter5.pdf
http://repository.upi.edu/39000/9/S_PKR_1400297_Bibliography.pdf