HUBUNGAN PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL YOUTUBE DENGAN GAYA HIDUP HEDONIS SISWA: Studi Deskriptif pada Siawa SMA Negeri Bandung

Salah satu faktor terjadinya perubahan sosial adalah adanya inovasi. Media sosial youtube menjadi inovasi yang mendukung terjadinya perubahan sosial. Youtube adalah situs berbagi video yang populer dan digunakan oleh berbagai usia termasuk remaja. Sebagai situs berbagi video, youtube memiliki berbag...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Adittiya Lisnawati, - (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2018-08-28.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/391/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
LEADER 04902 am a22003373u 4500
001 repoupi_39010
042 |a dc 
100 1 0 |a Adittiya Lisnawati, -  |e author 
245 0 0 |a HUBUNGAN PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL YOUTUBE DENGAN GAYA HIDUP HEDONIS SISWA: Studi Deskriptif pada Siawa SMA Negeri Bandung 
260 |c 2018-08-28. 
500 |a http://repository.upi.edu/39010/1/S_SOS_1405486_Title.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/39010/2/S_SOS_1405486_Tabel_of_Content.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/39010/3/S_SOS_1405486_Abstract.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/39010/4/S_SOS_1405486_Chapter1.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/39010/5/S_SOS_1405486_Chapter2.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/39010/6/S_SOS_1405486_Chapter3.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/39010/7/S_SOS_1405486_Chapter4.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/39010/8/S_SOS_1405486_Chapter5.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/39010/9/S_SOS_1405486_Bibliography.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/39010/10/S_SOS_1405486_Appendix1.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/39010/11/S_SOS_1405486_Appendix2.pdf 
520 |a Salah satu faktor terjadinya perubahan sosial adalah adanya inovasi. Media sosial youtube menjadi inovasi yang mendukung terjadinya perubahan sosial. Youtube adalah situs berbagi video yang populer dan digunakan oleh berbagai usia termasuk remaja. Sebagai situs berbagi video, youtube memiliki berbagai konten di dalamnya. seperti halnya konten daily life yang umumnya tampak menunjukkan gaya hidup sehari-hari yang cukup mewah dengan selalu melakukan kegiatan-kegiatan yang membutuhkan biaya yang cukup tinggi. Remaja merupakan masa mencari identitas, tontonan daily life yang ada di youtube memungkinkan adanya proses imitasi yang dilakukan oleh remaja. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui hubungan penggunaan media sosial youtube dengan gaya hidup hedonis siswa SMA Negeri 5 Bandung. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kuantitaif, dengan teknik pengumpulan data menggunakan angket tertutup. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah siswa SMA Negeri 5 Bandung. Hasil pada penelitian ini menunjukkan bahwa (1) tingkat penggunaan youtube pada siswa SMA Negeri 5 Bandung masuk dalam kategori sedang, artinya tingkat ketergantungan siswa pada media sosial youtube tergolong masih normal dan penggunaannya hanya untuk mengisi waktu luang dan mencari referensi dalam bergaya; (2) tingkat gaya hidup hedonis masuk pada kategori tinggi, siswa digambarkan sebagai siswa yang mengejar kesenangan duniawi; (3) hubungan yang terjadi antara variabel media sosial youtube dengan variabel gaya hidup hedonis adalah hubungan positif dengan tingkat korelasi sedang. Youtube menjadi sosial media yang dapat gaya hidup siswa menjadi hedonis. Gaya hidup hedonis ini juga dapat dipengaruhi oleh faktor lain. ..... One factor in the occurrence of social change is innovation. Youtube is an innovation that supports social change. Youtube is a popular video sharing site and is used by various ages including teenagers. As a video sharing site, YouTube has various content in it. as well as daily life content that generally seems to show a fairly luxurious daily lifestyle by always carrying out activities that require quite high costs. Teenagers are a time of searching for identity, watching daily life on YouTube allows the process of imitation done by teenagers. The purpose of this study is to determine the relationship between the use of youtube social media and the hedonic lifestyle of students of SMA Negeri 5 Bandung. The method in this study uses descriptive method with a quantitative approach, with data collection techniques using closed questionnaires. The population and sample in this study were students of SMA Negeri 5 Bandung. The results of this study indicate that (1) the level of youtube usage on students of SMA Negeri 5 Bandung is in the medium category, meaning that the level of student dependence on youtube social media is still normal and its use is only to fill leisure time and look for references in style; (2) the level of the hedonic lifestyle is in the high category, students are described as students who pursue worldly pleasures; (3) the relationship that occurs between youtube social media variables and hedonic lifestyle variables is a positive relationship with moderate correlation. Youtube becomes a social media that can be a hedonic lifestyle of students. This hedonic lifestyle can also be influenced by other factors. 
546 |a en 
690 |a HM Sociology 
690 |a L Education (General) 
690 |a QA76 Computer software 
655 7 |a Thesis  |2 local 
655 7 |a NonPeerReviewed  |2 local 
787 0 |n http://repository.upi.edu/39010/ 
787 0 |n http://repository.upi.edu 
856 4 1 |u http://repository.upi.edu/391/