PENERAPAN METODE EDUTAINMENT MELALUI PERMAINAN SIMAK-TEBAK-UCAP DALAM PEMBELAJARAN MENYIMAK TEKS NEGOSIASI : Penelitian Eksperimen Kuasi di Kelas X SMK Negeri 1 Bandung

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya kemampuan siswa dalam keterampilan menyimak, terutama dalam menyimak teks negosiasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk 1) mendeskripsikan kemampuan menyimak teks negosiasi di kelas eksperimen sebelum dan sesudah menggunakan metode edutainment melalui p...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Farah Destiarani, - (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2018-07-24.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/3911/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
LEADER 04994 am a22003133u 4500
001 repoupi_39011
042 |a dc 
100 1 0 |a Farah Destiarani, -  |e author 
245 0 0 |a PENERAPAN METODE EDUTAINMENT MELALUI PERMAINAN SIMAK-TEBAK-UCAP DALAM PEMBELAJARAN MENYIMAK TEKS NEGOSIASI : Penelitian Eksperimen Kuasi di Kelas X SMK Negeri 1 Bandung 
260 |c 2018-07-24. 
500 |a http://repository.upi.edu/39011/1/S_IND_1403681_Title.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/39011/2/S_IND_1403681_Abstract.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/39011/3/S_IND_1403681_Table_of_Content.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/39011/4/S_IND_1403681_Chapter1.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/39011/5/S_IND_1403681_Chapter2.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/39011/6/S_IND_1403681_Chapter3.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/39011/7/S_IND_1403681_Chapter4.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/39011/8/S_IND_1403681_Chapter5.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/39011/9/S_IND_1403681_Bibliography.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/39011/10/S_IND_1403681_Appendix.pdf 
520 |a Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya kemampuan siswa dalam keterampilan menyimak, terutama dalam menyimak teks negosiasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk 1) mendeskripsikan kemampuan menyimak teks negosiasi di kelas eksperimen sebelum dan sesudah menggunakan metode edutainment melalui permainan simak-tebak-ucap, 2) mendeskripsikan kemampuan menyimak teks negosiasi di kelas kontrol sebelum dan sesudah menggunakan metode pembelajaran terlangsung, 3) mendeskripsikan perbedaan kemampuan siswa antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi eksperiment dengan desain the matching only pretes-posttest control group design. Sampel dalam penelitian ini terdiri atas 31 orang di kelompok eksperimen dan 31 orang di kelas kontrol. Sampel tersebut diambil dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Penelitian ini dilakukan dalam tiga tahap, yaitu tahap tes awal, tahap perlakuan, dan tahap tes akhir. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan dalam pembelajaran menyimak teks negosiasi. Berdasarkan uji hipotesis, diperoleh thitung sebesar 5,187 dan ttabel dengan derajat kebebasan 60 dan derajat kepercayaan 95% diketahui ttabel yaitu 2,000. Maka dapat diketahui bahwa thitung > ttabel atau 5,187 > 2,000. Penelitian ini juga menghitung pengaruh metode edutainment melalui permainan simak-tebak-ucap terhadap kemampuan menyimak teks negosiasi siswa dengan menggunakan uji regresi. Berdasarkan uji regresi, diperoleh nilai sig. sebesar 0,004. Angka tersebut lebih kecil dari 0,05 (0,004 < 0,05). Artinya metode edutainment melalui permainan simak-tebak-ucap berpengaruh terhadap pembelajaran menyimak teks negosiasi. Dengan demikian, metode edutainment melalui permainan simak-tebak-ucap efektif terhadap pembelajaran menyimak teks negosiasi.;--This research was motivated by a lack of student motivation ini listening skills, especially in listening negotiation text. The purpose of this reasearch is for 1) describing the abillity of listening negosiation text before and after using edutainment method through listen-guess-say games in experiment group, 2) describing the abillity of listening negosiation text before and after using curret method in control group, 3) describing the ability differences between experiment group and control group. The method that used by this research is quasi experiment with the matching only pretes-posttest control group design. The sample of this research consisted by 31 people in the experiment group and 31 people in the control group. That sample was taken using cluster random sampling technique. This research was conducted in 3 stages, theres is pre-test, treatment, and post-test. Research result show that threre is a significant defferences in the negosiation text listening learning. Based on the hypothesis test, obtain tcount equal to 5,187 and ttable with degress of freedom is 60 and confidence level is 95%, ttabel equal to 2,000. Then it canbe seen that tcount > ttable or 5,187 > 2,000. This research also calculate influence of edutainment method through listen-guess-say games on listening negosiation text ability by using regresion test. Based on regresion test, obtain sig. value equal 0,004. That number is smaller than 0,05 (0,004 < 0,05). That is to say the edutainment method through listen-guess-say games has an influence to negosiastion text listening learning. Therefore, the edutainment method through listen-guess-say is effective to negosiastion text listening learning. 
546 |a en 
690 |a LB1603 Secondary Education. High schools 
690 |a P Philology. Linguistics 
655 7 |a Thesis  |2 local 
655 7 |a NonPeerReviewed  |2 local 
787 0 |n http://repository.upi.edu/39011/ 
787 0 |n http://repository.upi.edu 
856 4 1 |u http://repository.upi.edu/3911/