IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BILINGUAL DI TAMAN KANAK-KANAK : Studi Kasus di Kidsville School Bandung

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh penguasaan bahasa Inggris yang sangat diperlukan pada era globalisasi ini, salah satu upaya untuk menyiapkan anak sejak usia dini mengenai hal itu adalah melalui pembelajaran bilingual. Pembelajaran bilingual membantu anak dalam menguasai bahasa Inggris disamping...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Anita Ismarani Nurjanah, - (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2018-07-26.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/393/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
LEADER 04457 am a22003013u 4500
001 repoupi_39030
042 |a dc 
100 1 0 |a Anita Ismarani Nurjanah, -  |e author 
245 0 0 |a IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BILINGUAL DI TAMAN KANAK-KANAK : Studi Kasus di Kidsville School Bandung 
260 |c 2018-07-26. 
500 |a http://repository.upi.edu/39030/1/S_PGPAUD_1403413_Title.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/39030/2/S_PGPAUD_1403413_Abstract.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/39030/3/S_PGPAUD_1403413_Table_of_Content.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/39030/4/S_PGPAUD_1403413_Chapter1.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/39030/5/S_PGPAUD_1403413_Chapter2.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/39030/6/S_PGPAUD_1403413_Chapter3.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/39030/7/S_PGPAUD_1403413_Chapter4.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/39030/8/S_PGPAUD_1403413_Chapter5.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/39030/9/S_PGPAUD_1403413_Bibliography.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/39030/10/S_PGPAUD_1403413_Appendix.pdf 
520 |a Penelitian ini dilatarbelakangi oleh penguasaan bahasa Inggris yang sangat diperlukan pada era globalisasi ini, salah satu upaya untuk menyiapkan anak sejak usia dini mengenai hal itu adalah melalui pembelajaran bilingual. Pembelajaran bilingual membantu anak dalam menguasai bahasa Inggris disamping juga mengembangkan kemampuan bahasa Indonesianya. Berdasarkan latar belakang tersebut, maka dilakukan penelitian dengan mengacu pada permasalahan: "Bagaimana implementasi pembelajaran bilingual di Kidsville School Bandung". Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan: pertama, perencanaan pembelajaran bilingual di Kidsville School Bandung dimulai dengan membuat lesson plan berdasarkan assessment yang telah dibuat sekolah. Kedua pelaksanaan pembelajaran bilingual di Kidsville School Bandung diintegrasikan dengan mata pelajaran dengan pendekatan tematik dan juga melalui pembiasaan, hasilnya anak dapat mengikuti instruksi dengan bahasa Inggris dan bahasa Indonesia, anak dapat menyampaikan pendapat atau keinginan dengan bahasa Indonesia dan bahasa Inggris. Ketiga penilaian berdasarkan observasi dan tes yang berpedoman pada assessment yang telah dibuat sekolah. Berdasarkan hasil dari penelitian tersebut, rekomendasi penulis: pertama untuk guru hendaknya meningkatkan pembelajaran bilingual yang sudah ada. Kedua untuk peneliti selanjutnya agar lebih komprehensif, hendaknya dapat meneliti faktor-faktor yang mendukung dan juga outcomes dari pembelajaran bilingual di Kidsville School Bandung.;-- The background of this study caused of importance of English language in this globalization era. One of the methods that can be used to prepare the childhood in facing globalization era is giving them bilingual education. Bilingual education helps children to learn English proficiency and Indonesia language skill. By the background, this research problem is "How the implementation of bilingual education at Kidsville School Bandung?" Qualitative data and case study was employed in this study. Then, the data collection techniques were collected by observation, interview, and documentation study. The result found that: first, bilingual education planning at Kidsville School Bandung was begun by making lesson plan based from Kidsville assessment. Second, implementation of bilingual education at Kidsville School Bandung is integrated with the subject material and thematic approach, and also with the children's routines; as the result were the children could understand the instruction and express opinion by using English and Indonesian language. Third, assessment method is observation and test was orientated towards school assessment itself. Based on the result above, the author was recommended that: first, the teachers should improve bilingual education. Second, for the further research should be more comprehensive and able to examine the supporting facctors and outcomes from bilingual education at Kidsville School Bandung. 
546 |a en 
690 |a L Education (General) 
655 7 |a Thesis  |2 local 
655 7 |a NonPeerReviewed  |2 local 
787 0 |n http://repository.upi.edu/39030/ 
787 0 |n http://repository.upi.edu 
856 4 1 |u http://repository.upi.edu/393/