MENINGKATKAN KEMAMPUAN KERJA SAMA ANAK MELALUI PERMAINAN KONSTRUKTIF : Penelitian Tindakan Kelas pada Kelompok B di RA Daarul Muttaqin Kecamatan Batujajar Kabupaten Bandung Barat Tahun Ajaran 2017/2018

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh temuan bahwa kemampuan kerjasama anak kelompok B di RA Daarul Muttaqin masih dalam keadaan rendah, hal tersebut ditunjukkan dengan masih adanya anak yang tidak mau bergabung dengan temannya, anak masih sering memilih-milih teman, ketika kegiatan berkelompok kuran...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Esti Hafni Fauziah, - (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2018-07-26.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/3936/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
LEADER 04170 am a22003013u 4500
001 repoupi_39036
042 |a dc 
100 1 0 |a Esti Hafni Fauziah, -  |e author 
245 0 0 |a MENINGKATKAN KEMAMPUAN KERJA SAMA ANAK MELALUI PERMAINAN KONSTRUKTIF : Penelitian Tindakan Kelas pada Kelompok B di RA Daarul Muttaqin Kecamatan Batujajar Kabupaten Bandung Barat Tahun Ajaran 2017/2018 
260 |c 2018-07-26. 
500 |a http://repository.upi.edu/39036/1/S_PGPAUD_1401543_Title.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/39036/2/S_PGPAUD_1401543_Abstract.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/39036/3/S_PGPAUD_1401543_Table_of_Content.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/39036/4/S_PGPAUD_1401543_Chapter1.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/39036/5/S_PGPAUD_1401543_Chapter2.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/39036/6/S_PGPAUD_1401543_Chapter3.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/39036/7/S_PGPAUD_1401543_Chapter4.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/39036/8/S_PGPAUD_1401543_Chapter5.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/39036/9/S_PGPAUD_1401543_Bibliography.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/39036/10/S_PGPAUD_1401543_Appendix.pdf 
520 |a Penelitian ini dilatarbelakangi oleh temuan bahwa kemampuan kerjasama anak kelompok B di RA Daarul Muttaqin masih dalam keadaan rendah, hal tersebut ditunjukkan dengan masih adanya anak yang tidak mau bergabung dengan temannya, anak masih sering memilih-milih teman, ketika kegiatan berkelompok kurangnya anak dalam berinteraksi, berbagi tugas, dan saling membantu satu sama lain. Salah satu faktor penyebabnya adalah kegiatan pembelajaran yang diberikan sering kali bersifat individual, guru hanya menggunakan metode ceramah dan menggunakan lembar kerja anak (LKA) saja. Oleh karena itu tujuan penelitian ini adalah mencoba memperbaiki proses kegiatan pembelajaran dalam rangka meningkatkan kemampuan kerjasama anak kelompok B melalui penerapan permainan konstruktif. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) kolaboratif. Subjek dalam penelitian ini adalah anak kelompok B yang berjumlah 10 orang anak terdiri atas 5 orang anak laki-laki dan 5 orang anak perempuan. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, permainan konstruktif yang dapat meningkatkan kemampuan kerjasama anak yaitu berupa permainan playdough, puzzle, lego dan menggambar. Dimana pada permainan konstruktif tersebut anak-anak melakukannya secara bersama-sama dan berkelompok, anak saling memberikan pendapat, saling berinteraksi, saling berbagi tugas atau peran, saling memberi semangat dan saling membantu.;--This research is motivated by the finding that the ability of cooperation of group B children in RA Daarul Muttaqin still in a state of low, it is shown by the presence of the child does not want to join with his friends, the child still often choose friends, when activities in groups lack of children in interact, share duties, and help each other. One contributing factor is the learning activities provided are often individualized, the teachers use only lecture method and using the worksheet the child (LKA). Therefore, the aim of this study is to try to improve the process of learning activities in order to improve the ability of cooperation of the child B group through the implementation of constructive game. The research method used is classroom action research (CAR) collaborative. Subjects in this study were group B children, amounting to 10 children consisting of 5 boys and 5 girls. Based on the results of research that has been done, constructive games can improve the ability of cooperation of the child, namely in the form of game playdough, puzzles, lego and drawing. Where in the game of constructive the child do it together and in groups, the children give each other opinions, interact with each other, share a task or role, give each other spirit and help each other. 
546 |a en 
690 |a L Education (General) 
655 7 |a Thesis  |2 local 
655 7 |a NonPeerReviewed  |2 local 
787 0 |n http://repository.upi.edu/39036/ 
787 0 |n http://repository.upi.edu 
856 4 1 |u http://repository.upi.edu/3936/