RANCANG BANGUN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN ROLE PLAYING GAME BERBANTUAN CONCEPT ATTAINMENT UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA SMK

Berdasarkan survei penelitian yang telah dilakukan pada salah satu SMK di Bandung, diketahui bahwa 71,4% siswa menyatakan pemrograman dasar adalah adalah pelajaran yang sulit dan 2,9% menyatakan sangat sulit .Tujuan penelitian ini adalah merancang dan membangun multimedia pembelajaran Role Playing G...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Riyan Fitriadi, - (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2019-07-25.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/3952/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Berdasarkan survei penelitian yang telah dilakukan pada salah satu SMK di Bandung, diketahui bahwa 71,4% siswa menyatakan pemrograman dasar adalah adalah pelajaran yang sulit dan 2,9% menyatakan sangat sulit .Tujuan penelitian ini adalah merancang dan membangun multimedia pembelajaran Role Playing Game dengan berbantuan model pembelajaran Concept Attainment untuk meningkatkan pemahaman siswa pada materi pemrograman dasar. Metode penelitian yang digunakan adalah Siklus Hidup Menyeluruh (SHM) disertai dengan instrumen-instrumen penelitian yang mendukung. Multimedia yang telah dikembangkan kemudian diimplementasikan kepada 34 partisipan yang merupakan siswa SMK kelas X. Pada fase implementasi, didapat rata-rata nilai pretest yang diikuti para siswa sebelum menggunakan multimedia adalah 50,74. Sedangkan rata-rata nilai posttest siswa setelah menggunakan multimedia adalah 57,79. Dari kedua nilai pretest dan posttest tersebut, diperoleh nilai N-gain sebesar 0,14 yang masuk kedalam kategori N-gain "Rendah". Hal tersebut memperlihatkan adanya peningkatan pemahaman setelah siswa menggunakan multimedia. Adapun berdasarkan angket respon yang siswa isi setelah penggunaan multimedia, siswa beranggapan bahwa multimedia yang dikembangkan dalam penelitian ini terkategori "Baik" pada pernyataan positif dengan 74,98% dan "Cukup Baik" pada pernyataan negatif.
Item Description:http://repository.upi.edu/39052/6/S_KOM_1201716_Title.pdf
http://repository.upi.edu/39052/1/S_KOM_1201716_Chapter1.pdf
http://repository.upi.edu/39052/2/S_KOM_1201716_Chapter2.pdf
http://repository.upi.edu/39052/3/S_KOM_1201716_Chapter3.pdf
http://repository.upi.edu/39052/4/S_KOM_1201716_Chapter4.pdf
http://repository.upi.edu/39052/5/S_KOM_1201716_Chapter5.pdf
http://repository.upi.edu/39052/7/S_KOM_1201716_Appendix.pdf