PENERAPAN METODE DRILL UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS PERMULAAN SISWA KELAS II SEKOLAH DASAR

Abstrak: Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan menulis permulaan siswa kelas II sekolah dasar. Hal ini disebabkan karena pada pembelajaran yang telah dilakukan kurang menekankan pada latihan dalam menulis. Oleh karenanya, untuk mengatasi permasalahan tersebut peneliti menerapka...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Iis Cahyati Herliana, - (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2019-08-26.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/3968/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Abstrak: Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan menulis permulaan siswa kelas II sekolah dasar. Hal ini disebabkan karena pada pembelajaran yang telah dilakukan kurang menekankan pada latihan dalam menulis. Oleh karenanya, untuk mengatasi permasalahan tersebut peneliti menerapkan metode drill. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan metode drill untuk meningkatkan keterampilan menulis permulaan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas II sekolah dasar di Kota Bandung yang berjumlah 23 siswa. Penelitian yang dilakukan menggunakan metode PTK (Penelitian Tindakan Kelas) dengan model Kemmis dan Mc Tagart yang terdiri atas perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Penelitian ini dilakukan sebanyak II siklus dengan teknik analisis data kualitatif dan kuantitatif. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu lembar keterlaksanaan metode drill dan lembar penilaian indikator keterampilan menulis permulaan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan dari siklus I ke siklus II dengan ketuntasan siswa secara klasikal lebih dari 85% yang dilihat dari nilai KKM. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan metode drill dapat meningkatkan keterampilan menulis permulaan siswa. ------ Abstrak: This research is motivated by the students' low initial writing skill of II grade at elementary school. This is because in the learning that has been done have less emphasis on practice in writing. Therefore, to avoid these problems the researchers applied the drill method. This research aims to describe the implementation of drill methods to improve initial writing skills. The subjects of this research were II grade students at elementary school students in the Bandung city, totaling 23 students. Research carried out using the PTK (Classroom Action Research) method with the Kemmis and Mc. Tagart mode; consisting of planning, implementation, observation and reflection. This research was conducted in two cycles with qualitative and quantitative data analysis techniques. The research instruments were used the drill method implementations sheet and the initial writing skill indicator scoring sheet. The result of this research indicated an increase from cycle I to cycle II with students completing classically more than 85% which is seen from the KKM value. From these result it can be concluded that the implementation of drill methods can improve students initial writing skills.
Item Description:http://repository.upi.edu/39068/1/S_PGSD_1500158_Title.pdf
http://repository.upi.edu/39068/2/S_PGSD_1500158_Chapter1.pdf
http://repository.upi.edu/39068/3/S_PGSD_1500158_Chapter2.pdf
http://repository.upi.edu/39068/4/S_PGSD_1500158_Chapter3.pdf
http://repository.upi.edu/39068/5/S_PGSD_1500158_Chapter4.pdf
http://repository.upi.edu/39068/6/S_PGSD_1500158_Chapter5.pdf
http://repository.upi.edu/39068/7/S_PGSD_1500158_Appendix.pdf