PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK MELALUI BIOGRAFI PAHLAWAN NASIONAL TERHADAP MOTIVASI DAN KEMAMPUAN BERPIKIR HISTORIS : Kuasi Eksperimen di SMA Negeri Kabupaten Bandung Barat

Penelitian ini bertujuan untuk mengukur pengaruh model pembelajaran berbasis proyek melalui biografi pahlawan nasional dalam meningkatkan motivasi belajar dan kemampuan berpikir historis siswa. Model pembelajaran berbasis proyek merupakan suatu model pembelajaran yang mencoba mengaitkan teknologi de...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Irpan Iskandar, Iskandar (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2019-08-29.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/3986/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Penelitian ini bertujuan untuk mengukur pengaruh model pembelajaran berbasis proyek melalui biografi pahlawan nasional dalam meningkatkan motivasi belajar dan kemampuan berpikir historis siswa. Model pembelajaran berbasis proyek merupakan suatu model pembelajaran yang mencoba mengaitkan teknologi dengan masalah kehidupan sehari-hari yang akrab dengan siswa dengan mengahasilkan suatu karya. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuasi eksperimen dengan desain "nonrandomized control group pretest -posttest design". Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa SMA Negeri di Kabupaten Bandung Barat, sampel yang diambil adalah siswa kelas XI SMA Negeri 1 Parongpong dengan teknik purposive sampling. Selanjutnya dilakukan tes awal sebagai acuan untuk membagi sampel penelitian menjadi dua kelompok yang berbeda yaitu kelompok model pembelajaran berbasis proyek dan kelompok model pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan berupa angket mengenai motivasi belajar dan soal kemampuan berpikir historis. Data yang diperoleh dari tes awal dan tes akhir kemudian diolah dan dianalisis menggunakan SPSS seri 16 dengan tahapan Uji Normalitas, Uji Homogenitas. Hasil Penelitian diperoleh sebagai berikut; Pertama, terdapat pengaruh positif dari model pembelajaran berbasis proyek melalui biografi pahlawan nasional terhadap motivasi belajar siswa. Kedua, terdapat pengaruh positif dari model pembelajaran berbasis proyek melalui biografi pahlawan nasional terhadap kemampuan berpikir historis siswa. Ketiga, terdapat perbedaan pengaruh dari penggunaan model pembelajaran berbasis proyek terhadap motivasi belajar siswa dibandingkan kelompok model pembelajaran konvensional. Keempat, terdapat perbedaan pengaruh dari penggunaan model pembelajaran berbasis proyek terhadap kemampuan berpikir historis siswa dibandingkan kelompok model pembelajaran konvensional. Model pembelajaran berbasis proyek melalui biografi pahlawan nasional lebih efektif meningkatkan motivasi belajar dan kemampuan berpikir historis dibandingkan kelompok model pembelajaran konvensional. Kata Kunci : Pembelajaran Proyek, Motivasi, Berpikir Historis.
Item Description:http://repository.upi.edu/39086/8/T_SEJ_1706655_Title.pdf
http://repository.upi.edu/39086/3/T_SEJ_1706655_Chapter%201.pdf
http://repository.upi.edu/39086/4/T_SEJ_1706655_Chapter%202.pdf
http://repository.upi.edu/39086/7/T_SEJ_1706655_Chapter%203.pdf
http://repository.upi.edu/39086/2/T_SEJ_1706655_Chapter%204.pdf
http://repository.upi.edu/39086/1/T_SEJ_1706655_Chapter%205.pdf
http://repository.upi.edu/39086/5/T_SEJ_1706655_Appendix.pdf