PENERAPAN METODE COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN PADA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya kemampuan membaca pemahaman siswa kelas IV sekolah dasar. Hal ini dikarenakan dalam pembelajaran guru meminta siswa untuk membaca secara bersamaan dengan kelompoknya. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa kelas IV...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Nadya Aulia Zakiyatunnisa, - (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2019-08-26.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/39111/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
LEADER 03391 am a22002773u 4500
001 repoupi_39111
042 |a dc 
100 1 0 |a Nadya Aulia Zakiyatunnisa, -  |e author 
245 0 0 |a PENERAPAN METODE COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN PADA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR 
260 |c 2019-08-26. 
500 |a http://repository.upi.edu/39111/6/S_PGSD_1506749_Title.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/39111/1/S_PGSD_1506749_Chapter1.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/39111/2/S_PGSD_1506749_Chapter2.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/39111/3/S_PGSD_1506749_Chapter3.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/39111/4/S_PGSD_1506749_Chapter4.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/39111/5/S_PGSD_1506749_Chapter5.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/39111/7/S_PGSD_1506749_Appendix.pdf 
520 |a Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya kemampuan membaca pemahaman siswa kelas IV sekolah dasar. Hal ini dikarenakan dalam pembelajaran guru meminta siswa untuk membaca secara bersamaan dengan kelompoknya. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa kelas IV sekolah dasar dengan menerapkan metode Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC). Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Kemmis dan Mc. Taggart yang dilakukan sebanyak 2 siklus. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui tes, observasi, catatan lapangan, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini mengalami peningkatan dari siklus I rata-rata nilai siswa mencapai angka 63.4 dengan persentase ketuntasan sebesar 30%. Kemudian pada siklus II rata-rata nilai siswa mencapai 81 dengan persentase ketuntasan mencapai 93%. Berdasarkan hal tersebut, dapat dinyatakan metode CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa kelas IV sekolah dasar. Kata Kunci: Metode CIRC, Kemampuan Membaca Pemahaman This research is driven by the lack of reading comprehension skills of students' elementary school grade IV. This is because in teaching learning process the teacher asks students to read instantaneously with the group. This research aims to improve reading comprehension of students' elementary school grade IV by implementing the Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) method. The research method used is Classroom Action Research (CAR) model of Kemmis and Mc. Taggart which is done in 2 cycles. Data collection techniques are done through tests, observations, field notes, and documentation. The results of this research have increased from the first cycle, the average value of students reached 63.4 with 30% percentage of completeness. Then in the second cycle, the average value of students reached 81 with a percentage of completeness reached 93%. Grounded on this, it can be stated that the CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) method can improve the reading ability of students of grade IV in elementary school. Keywords: CIRC Method, Reading Comprehension Ability 
546 |a en 
690 |a L Education (General) 
690 |a LB1501 Primary Education 
655 7 |a Thesis  |2 local 
655 7 |a NonPeerReviewed  |2 local 
787 0 |n http://repository.upi.edu/39111/ 
787 0 |n http://repository.upi.edu 
856 4 1 |u http://repository.upi.edu/39111/