RANCANG BANGUN PENDETEKSI KEMIRIPAN JAWABAN ANTAR SISWA PADA SISTEM UJIAN DIGITAL BERBENTUK SOAL URAIAN

Penelitian dilatarbelakangi oleh sikap mencontek siswa. Sikap mencontek mengganggu proses evaluasi pembelajaran. Ujian menggunakan komputer/smartphone masih banyak bertipe pilihan ganda yang tidak sama dengan ujian menggunakan kertas yang memiliki variasi tipe soal khususnya soal bertipe uraian/esai...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Regi Ismayana Pratama, - (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2019-08-26.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/39116/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
LEADER 02588 am a22002773u 4500
001 repoupi_39116
042 |a dc 
100 1 0 |a Regi Ismayana Pratama, -  |e author 
245 0 0 |a RANCANG BANGUN PENDETEKSI KEMIRIPAN JAWABAN ANTAR SISWA PADA SISTEM UJIAN DIGITAL BERBENTUK SOAL URAIAN 
260 |c 2019-08-26. 
500 |a http://repository.upi.edu/39116/7/S_KOM_1405862_Title.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/39116/5/S_KOM_1405862_Chapter1.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/39116/3/S_KOM_1405862_Chapter2.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/39116/6/S_KOM_1405862_Chapter3.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/39116/4/S_KOM_1405862_Chapter4.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/39116/8/S_KOM_1405862_Chapter5.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/39116/1/S_KOM_1405862_Appendix.pdf 
520 |a Penelitian dilatarbelakangi oleh sikap mencontek siswa. Sikap mencontek mengganggu proses evaluasi pembelajaran. Ujian menggunakan komputer/smartphone masih banyak bertipe pilihan ganda yang tidak sama dengan ujian menggunakan kertas yang memiliki variasi tipe soal khususnya soal bertipe uraian/esai, sehingga dibuatlah sistem ujian bertipe soal esai. Salah satu metode yang digunakan untuk penilaian ujian bertipe soal esai adalah metode term-frequency, n-gram, dan cosine similarity. Konsepnya yaitu membandingkan jawaban guru sebagai query dan jawaban siswa sebagai document sehingga mendapatkan nilai sebuah jawaban. Metode lain yang digunakan yaitu dengan mencocokan jawaban antar siswa yang dimana hasilnya menilai kemiripan jawaban siswa. Jawaban siswa yang mempunyai kemiripan 75% akan dianggap sistem sebagai jawaban yang mencontek. Sehingga diharapkan dapat membantu guru untuk mengevaluasi ujian atau pembelajaran. Untuk menguji sistem, dilakukan eksperimen dengan menggunakan sistem pada simulasi ujian. Hasil penelitian adalah: (1)Penelitian ini menghasilkan sistem ujian bertipe soal uraian. (2)Hasil penilaian jawaban siswa terhadap kunci jawaban mendapatkan nilai Mean Absolute Error (MAE) sebesar 10.101 dan nilai Pearson Correlation Coefficient Result sebesar -0.0283. (3)Hasil implementasi penilaian kemiripan jawaban siswa yang dianggap mencontek mendapatkan 5 perbedaan dari 50 penilaian menurut guru dari hasil yang disarankan oleh sistem. 
546 |a en 
690 |a L Education (General) 
690 |a QA76 Computer software 
655 7 |a Thesis  |2 local 
655 7 |a NonPeerReviewed  |2 local 
787 0 |n http://repository.upi.edu/39116/ 
787 0 |n http://repository.upi.edu 
856 4 1 |u http://repository.upi.edu/39116/