ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA DALAM PEMODELAN MATEMATIS

Kemampuan berpikir kreatif merupakan salah satu fokus keterampilan yang harus dikembangkan demi mengejar perkembangan di abad 21. Pengembangan kemampuan berpikir kreatif harus diterapkan dalam jenjang pendidikan formal. Salah satu bidang studi yang diajarkan dalam jenjang pendidikan formal adalah ma...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Iqbal Ramadani, - (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2019-08-22.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/39152/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
LEADER 03884 am a22002773u 4500
001 repoupi_39152
042 |a dc 
100 1 0 |a Iqbal Ramadani, -  |e author 
245 0 0 |a ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA DALAM PEMODELAN MATEMATIS 
260 |c 2019-08-22. 
500 |a http://repository.upi.edu/39152/1/T_MTK_1706923_Title.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/39152/2/T_MTK_1706923_Chapter1.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/39152/3/T_MTK_1706923_Chapter2.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/39152/4/T_MTK_1706923_Chapter3.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/39152/7/T_MTK_1706923_Chapter4.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/39152/5/T_MTK_1706923_Chapter5.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/39152/6/T_MTK_1706923_Appendix.pdf 
520 |a Kemampuan berpikir kreatif merupakan salah satu fokus keterampilan yang harus dikembangkan demi mengejar perkembangan di abad 21. Pengembangan kemampuan berpikir kreatif harus diterapkan dalam jenjang pendidikan formal. Salah satu bidang studi yang diajarkan dalam jenjang pendidikan formal adalah matematika. Matematika dapat digunakan dalam menyelesaikan permasalahan dalam kehidupan sehari-hari yaitu dengan menggunakan konsep pemodelan matematika. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan berpikir kreatif matematis siswa dalam pemodelan matematis dengan menggunakan desain deskriptif. Langkah-langkah pada penelitian ini adalah menyusun tes kemampuan berpikir kreatif; wawancara hasil tes kemampuan berpikir kreatif matematis; dan menganalisis hasil jawaban siswa pada tes kemampuan berpikir kreatif matematis. Subjek dari penelitian terdiri dari enam puluh lima siswa sekolah menengah pertama kelas VIII. Hasil temuan menunjukkan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa dalam pemodelan pada kategori siswa dengan kemampuan matematis tinggi adalah siswa dapat membuat model yang unik dan mencari solusi dengan menggunakan cara yang berbeda dengan logis dan sistematis, pada kategori sedang, siswa memiliki kecenderungan menggunakan metode trial and error serta cara yang prosedural dalam menguji model yang dibuat, sedangkan pada kategori rendah, siswa cenderung menggunakan cara trial and error dalam menguji model serta menyelesaikan masalah. Creative thinking skills are one of the skills that must be developed in order to pursue developments in the 21st century. The development of creative thinking skills must be applied within a formal education level. One of the areas of study taught in formal education is mathematics. Mathematics can be used to solve problems in everyday life by using mathematical modeling. This study aimed to analyze the students' mathematical creative thinking skills in mathematical modeling with descriptive design. The steps on this research consisted of designing a test of creative thinking skills; Interviewed test results of mathematical creative thinking skills; and analyzed student answers results on mathematical creative thinking skills tests. The subject of the study consisted of sixty five of junior high school students of class VIII. Findings demonstrate the skills of creative thinking students in modeling in the category of students with high mathematical abilities is that students can create unique models and seek solutions using different ways with logical and systematic, in medium category, students have a tendency to use trial and error methods as well as procedural ways to test models made, while in low category, students tend to use trial and error Test the model and resolve the problem. 
546 |a en 
690 |a L Education (General) 
690 |a QA Mathematics 
655 7 |a Thesis  |2 local 
655 7 |a NonPeerReviewed  |2 local 
787 0 |n http://repository.upi.edu/39152/ 
787 0 |n http://repository.upi.edu 
856 4 1 |u http://repository.upi.edu/39152/