RANCANG BANGUN MULTIMEDIA AUGMENTED REALITY SEBAGAI ALAT BANTU PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA KELAS XI SMK DAARUT TAUHIID BANDUNG

Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan membangun multimedia augmented reality sebagai alat bantu pembelajaran untuk meninkatkan pemahaman siswa kelas xi. Multimedia augmented reality diterapkan pada mata pelajaran Komunikasi Data pada siswa kelas xi SMK Daarut Tauhiid Bandung. Metode penelitia...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Nurzaini, - (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2019-08-30.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/39191/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
LEADER 04455 am a22002893u 4500
001 repoupi_39191
042 |a dc 
100 1 0 |a Nurzaini, -  |e author 
245 0 0 |a RANCANG BANGUN MULTIMEDIA AUGMENTED REALITY SEBAGAI ALAT BANTU PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA KELAS XI SMK DAARUT TAUHIID BANDUNG 
260 |c 2019-08-30. 
500 |a http://repository.upi.edu/39191/1/S_KOM_1405162_Tittle.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/39191/2/S_KOM_1405162_Chapter1.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/39191/3/S_KOM_1405162_Chapter2.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/39191/4/S_KOM_1405162_Chapter3.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/39191/5/S_KOM_1405162_Chapter4.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/39191/6/S_KOM_1405162_Chapter5.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/39191/7/Appendix.pdf 
520 |a Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan membangun multimedia augmented reality sebagai alat bantu pembelajaran untuk meninkatkan pemahaman siswa kelas xi. Multimedia augmented reality diterapkan pada mata pelajaran Komunikasi Data pada siswa kelas xi SMK Daarut Tauhiid Bandung. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Reseach and Development (R&D). Uji yang dilakukan untuk mengetahuhi kelayakan produk yang dibuat mengacu pada instrumen yang telah ditetapkan berdasarkan LORI (learning Object Review Instrument). Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah: 1) Perancangan dan pembangunan multimedia augmented reality melewati tahapan studi pendahuluan, pengembangan produk dan penelitian. Studi pendahuluan mencakup tahapan studi lapangan dan analisis kebutuhan. Pada tahap pengembangan produk dilakukan perancangan multimedia dengan membuat flowchart dan storyboard. Pembuatan multimedia dilakukan dengan cara membuat marker, model tiga dimensi, dan video sebagai penjelasan materi. Multimedia yang telah menjadi produk final kemudian dinilai oleh para ahli sebelum diuji coba kepada siswa. 2). Multimedia augmented reality sebagai alat bantu pembelajaran dinilai oleh para ahli dengan hasil yang didapat dari ahli media sebesar 92 dan nilai dari ahli materi sebesar 93 yang masuk ke dalam kategori baik. 3) Terdapat peningkatan pemahaman siswa setelah diperlakukan menggunakan multimedia augmented reality yang ditandai dengan kenaikan nilai rata-rata siswa dengan nilai pretest sebesar 63,8 dan hasil posttest 79,4. Selain itu peningkatan pemahaman siswa ditandai dengan nilai gain sebesar 0,44 yang masuk ke dalam kategori sedang.;This study aims to design and build multimedia augmented reality as a learning aid to improve students' understanding of class XI. Multimedia augmented reality is applied to Data Communication subject in class XI students of SMK Daarut Tauhiid Bandung. The research method in this study is Research and Development (R&D). Tests conducted to determine the omission of the product made refer to instruments that have been determined based on LORI (Learning Object Review Instrument). The result obtained in this study are: 1) Designing and building multimedia augmented reality through the stage of preliminary studies, product development, and research. Preliminary studies include the stages of field studies and needs analysis. In the product development stage, multimedia design is carried out by creating a flowchart and storyboard. Making multimedia is done by making markers, three-dimensional models, and videos as material explanation. Multimedia that had become the final product was then assessed by expert before being tested on student. 2) Multimedia augmented reality as a learning aid is assessed by expert with the result obtained from media expert at 92 and the value of the material expert as much as 93 which falls into the good category. 3) There is an increase in students' understanding after being treated using multimedia augmented reality which is marked by an increase in the average value of 63.8 and posttest 79.4 In addition, the increase in students' understanding was marked by a gain of 0.44 which was included in the medium category. 
546 |a en 
690 |a L Education (General) 
690 |a LB1603 Secondary Education. High schools 
690 |a QA75 Electronic computers. Computer science 
655 7 |a Thesis  |2 local 
655 7 |a NonPeerReviewed  |2 local 
787 0 |n http://repository.upi.edu/39191/ 
787 0 |n https://repository.upi.edu 
856 4 1 |u http://repository.upi.edu/39191/