LOCAL INSTRUCTION THEORY MATERI LINGKARAN DALAM PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH UNTUK MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA SMP

Lingkaran dianggap materi yang sulit oleh banyak siswa karena banyaknya unsur dan rumus yang harus mereka pahami. Beberapa penelitian telah mendokumentasikan kesulitan siswa dalam menyelesaikan materi lingkaran dan ketersediaan bahan ajar yang kurang melatih siswa dalam berpikir aktif. Bahan ajar ya...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Liah Daliah, - (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2019-08-28.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/39263/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Lingkaran dianggap materi yang sulit oleh banyak siswa karena banyaknya unsur dan rumus yang harus mereka pahami. Beberapa penelitian telah mendokumentasikan kesulitan siswa dalam menyelesaikan materi lingkaran dan ketersediaan bahan ajar yang kurang melatih siswa dalam berpikir aktif. Bahan ajar yang mempertimbangkan pola pikir siswa memiliki peranan penting dalam proses pembelajaran. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk merancang dan mengembangkan lintasan belajar dalam materi lingkaran yang merupakan sekumpulan aktivitas yang disusun secara sistematis menggunakan pembelajaran berbasis masalah (PBM). Rancangan ini disebut dengan Local Instruction Theory (LIT) materi lingkaran dalam PBM. Metode penelitian yang digunakan adalah design research dengan 3 langkah lengkap yaitu preliminary design, teaching experiment, dan retrospective analysis. Subjek penelitian pada teaching experiment tahap 1 adalah siswa kelas 8-6 SMPN 15 Bandung dan subjek penelitian pada teaching experiment tahap 1 adalah siswa kelas 8-E SMPN 26 Bandung. Penelitian ini mendeskripsikan bagaimana desain LIT materi lingkaran dalam PBM yang dikembangkan memiliki kontribusi dalam mengembangkan kemampuan penalaran matematis siswa. Circles are considered difficult material by many students because of the many elements and formulas they must understand. A number of studies have documented students' difficulties in completing circle's problem and the avaibility of teching materials that less train the students to apply active thinking. The teaching materials which are concerned with the students' thinking patterns have a very important role in the learning process. Therefore, this study aims to design and develop the learning trajectory about circle materials that consists of a set of activities that are arranged systematically using Problem Based Learning (PBL). This design is called Local Instruction Theory (LIT) of circle material in the PBL. The research method used was design research with three steps, namely preliminary design, teaching experiment, and retrospective analysis. The research subjects in the teaching experiment phase 1 were the 8-6 students at SMPN 15 Bandung and the suvject in teaching experiment phase 2 were the 8-E students at SMPN 26 Bandung. This study describe how LIT of of circle material in the PBL contributes to develop students' mathematical reasoning abilities.
Item Description:http://repository.upi.edu/39263/1/T_MTK_1706409_Title.pdf
http://repository.upi.edu/39263/2/T_MTK_1706409_Chapter1.pdf
http://repository.upi.edu/39263/3/T_MTK_1706409_Chapter2.pdf
http://repository.upi.edu/39263/4/T_MTK_1706409_Chapter3.pdf
http://repository.upi.edu/39263/5/T_MTK_1706409_Chapter4.pdf
http://repository.upi.edu/39263/6/T_MTK_1706409_Chapter5.pdf
http://repository.upi.edu/39263/7/T_MTK_1706409_Appendix.pdf