RANCANG BANGUN MULTIMEDIA BERBASIS GAME DENGAN MODEL INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN PEMROGRAMAN DASAR

RANCANG BANGUN MULTIMEDIA BERBASIS GAME DENGAN MODEL INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN PEMROGRAMAN DASAR Oleh Jordhi Pranata Harsono - jordhipranata@student.upi.edu 1401038 ABSTRAK Pemograman Dasar adalah salah satu mata pelajaran yang ada pada Sekolah Menengah Kejuruan jurusan Teknologi Komputer...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Jordhi Pranata Harsono, - (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2019-08-26.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/39329/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:RANCANG BANGUN MULTIMEDIA BERBASIS GAME DENGAN MODEL INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN PEMROGRAMAN DASAR Oleh Jordhi Pranata Harsono - jordhipranata@student.upi.edu 1401038 ABSTRAK Pemograman Dasar adalah salah satu mata pelajaran yang ada pada Sekolah Menengah Kejuruan jurusan Teknologi Komputer Jaringan. Namun, berdasarkan studi lapangan ditemukan rendahnya minat peserta didik untuk mempelajari pemograman dasar karena peserta didik merasa pemograman dasar tidak berkaitan dengan bidang keahlian yang mereka ambil. Selain itu, ditemukan bahwa peserta didik kesulitan memahami materi pemograman dasar. Peserta didik menyatakan bahwa akan lebih mudah paham jika diberikan suatu gambaran yang menjelaskan materi pemograman dasar. Selain itu pada kurikulum yang diterapkan pada Sekolah Menengah Kejuruan, pembelajaran harus berpusat kepada peserta didik. Model pembelajaran inkuiri sangat cocok jika diterapkan pada pembelajaran seperti ini. Dari latar belakang tersebut peneliti membuat sebuah multimedia pembelajaran berbasis game dengan model inkuiri dengan tujuan membangun motivasi siswa dan memberikan gambaran tentang materi pemograman dasar. Dari penelitian ini didapatkan hasil: 1) Model Inkuiri telah berhasil diterapkan secara penuh dalam media pembelajaran berbasis game untuk mata pelajaran pemograman dasar dan dinilai layak oleh ahli dengan rata-rata nilai 80,4% oleh ahli media dan rata-rata nilai 87,32% oleh ahli materi, 2) Penggunaan multimedia game dengan model inkuiri ini mendapatkan respon sangat baik dari peserta didik dengan rata-rata nilai 84%, 3) Penggunaan multimedia game dengan model inkuiti ini dapat meningkatkan pemahaman pemograman dasar dengan rata-rata gain sebesar 0.34. GAME-BASED MULTIMEDIA DESIGN WITH INQUIRY MODELS TO INCREASE THE UNDERSTANDING OF BASIC PROGRAMMING by Jordhi Pranata Harsono - jordhipranata@student.upi.edu 1401038 ABSTRACT Basic Programming is one of the subjects in the Vocational High School majoring in Computer Network Technology. However, based on field studies it was found that students' interest in learning basic programming was low because students felt that basic programming was not related to the area of expertise they took. In addition, it was found that students had difficulty to understand the basic programming materials. Students stated that it will be easier to understand if given an idea that explains the basic programming material. In addition to the curriculum applied to Vocational High Schools, learning activity must be students-centered. The inquiry learning model is very suitable to be applied to learning like this. From this background, researchers created a game-based learning multimedia with an inquiry model that aims to build student motivation and provide an overview of basic programming material. Based on research: 1) Inquiry model has been successfully applied in game-based learning media for basic programming subjects and is considered feasible by experts with an average value of 80.4% by media experts and an average value of 87.32% by material experts, 2) The use of multimedia games with this inquiry model has received very good response from students with an average value of 84%, 3) The use of multimedia games with this inquiry model could improve understanding of basic programming with an average gain of 0.34.
Item Description:http://repository.upi.edu/39329/1/S_KOM_1401038_Title.pdf
http://repository.upi.edu/39329/2/S_KOM_1401038_Chapter1.pdf
http://repository.upi.edu/39329/3/S_KOM_1401038_Chapter2.pdf
http://repository.upi.edu/39329/4/S_KOM_1401038_Chapter3.pdf
http://repository.upi.edu/39329/5/S_KOM_1401038_Chapter4.pdf
http://repository.upi.edu/39329/6/S_KOM_1401038_Chapter5.pdf
http://repository.upi.edu/39329/7/S_KOM_1401038_Appendix.pdf