STUDI KORELASI ANTARA PEMAAFAN (FORGIVENESS) DENGAN KESEJAHTERAAN SUBJEKTIF (SUBJECTIVE WELL-BEING) MAHASISWA UNIVERSITAS PENDIDIKAN INDONESIA TAHUN AKADEMIK 2018/2019

Penelitian ini membahas hubungan pemaafan dengan kesejahteraan subjektif pada mahasiswa. Sampel dalam penelitian ini adalah mahasiswa tingkat satu Universitas Pendidikan Indonesia Tahun Akademik 2018/2019 berjumlah 791 orang yang dipilih menggunakan teknik cluster random sampling. Metode yang diguna...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Chenita Amelia, - (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2019-08-20.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/39374/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
LEADER 03520 am a22002773u 4500
001 repoupi_39374
042 |a dc 
100 1 0 |a Chenita Amelia, -  |e author 
245 0 0 |a STUDI KORELASI ANTARA PEMAAFAN (FORGIVENESS) DENGAN KESEJAHTERAAN SUBJEKTIF (SUBJECTIVE WELL-BEING) MAHASISWA UNIVERSITAS PENDIDIKAN INDONESIA TAHUN AKADEMIK 2018/2019 
260 |c 2019-08-20. 
500 |a http://repository.upi.edu/39374/1/S_PPB_1505150_Title.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/39374/2/S_PPB_1505150_Chapter1.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/39374/3/S_PPB_1505150_Chapter2.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/39374/4/S_PPB_1505150_Chapter3.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/39374/5/S_PPB_1505150_Chapter4.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/39374/6/S_PPB_1505150_Chapter5.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/39374/7/S_PPB_1505150_Appendix.pdf 
520 |a Penelitian ini membahas hubungan pemaafan dengan kesejahteraan subjektif pada mahasiswa. Sampel dalam penelitian ini adalah mahasiswa tingkat satu Universitas Pendidikan Indonesia Tahun Akademik 2018/2019 berjumlah 791 orang yang dipilih menggunakan teknik cluster random sampling. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif korelasional. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah Transgression-Related Interpersonal Motivation-18 (TRIM-18) dan instrumen kesejahteraan subjektif dari MacArthur Foundation Successful Midlife (MIDUS). Data dianalisis menggunakan aplikasi winstep Rasch model untuk mengetahui ketegori setiap varibel. Hasil penelitian menunjukkan tingkat pemaafan dan kesejahteraan subjektif mahasiswa Universitas Pendidikan Indonesia berada pada kategori sedang. Data dianalisis menggunakan Pearson product moment untuk mengetahui koefisien korelasi. Hasil analisis menunjukkan koefisien korelasi 0.275 dan sig 0,000. Terdapat korelasi positif pada tingkat rendah antara pemaafan dengan kesejahteraan subjektif pada mahasiswa Universitas Pendidikan Indonesia. Kata kunci: pemaafan, kesejahteraan subjektif, mahasiswa ------- This research examines the correlation of forgiveness and subjective well-being of college students. The sample in this study were first-year students of the Indonesia University of Education Academic Year 2018/2019 with 791 respondents who were selected using a cluster random sampling technique. The method used in this research is a descriptive correlational approach. The instruments used in this study were Transgression-Related Interpersonal Motivation-18 (TRIM-18) and subjective well-being instrument of MacArthur Foundation Successful Midlife (MIDUS). The data was analyzed using the Rasch model winstep application to determine the categories of each variable, the results showed forgiveness and subjective well-being of Indonesian University of Education students is in the medium category. The data was analyzed using Pearson product moment to determine the correlation coefficient. Analysis result shows there is correlation coefficient of 0.275 and sig of 0,000. There is a positive correlation in low level between forgiveness and subjective well-being of Indonesia University of Education students. Keywords: forgiveness, subjective well-being, college students 
546 |a en 
690 |a BF Psychology 
690 |a L Education (General) 
655 7 |a Thesis  |2 local 
655 7 |a NonPeerReviewed  |2 local 
787 0 |n http://repository.upi.edu/39374/ 
787 0 |n http://repository.upi.edu 
856 4 1 |u http://repository.upi.edu/39374/