METAKOGNISI DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA DALAM MEMBACA BUKU MATEMATIKA MATERI KOORDINAT CARTESIUS

Penelitian ini bertujuan untuk melakukan pengkajian tentang metakognisi dan kemandirian belajar siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) dalam membaca buku matematika materi koordinat Cartesius. Penelitian dilakukan dengan penelusuran terhadap fenomena yang terjadi pada tiga orang subjek penelitian yang...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Dina Khanifatul Ardhilah, - (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2019-08-21.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/3946/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Penelitian ini bertujuan untuk melakukan pengkajian tentang metakognisi dan kemandirian belajar siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) dalam membaca buku matematika materi koordinat Cartesius. Penelitian dilakukan dengan penelusuran terhadap fenomena yang terjadi pada tiga orang subjek penelitian yang dipilih dari siswa kelas VII di salah satu SMP Negeri di Kota Bandung. Indikator yang menandakan bahwa telah berlangsungnya proses metakognisi pada diri siswa dalam membaca buku matematika, yakni mampu: (a) mengungkapkan kembali hal-hal yang dimengerti dari apa yang telah dibaca; (b) ketika menemukan bagian dari bacaan yang membuatnya tidak memahami bacaan, siswa berusaha mencari solusi dari ketidakmengertian yang dideteksi; (c) mengkonstruksi definisi sederhana yang dibuat sendiri berdasarkan pengertian-pengertian unsur yang terkandung dalam suatu hal yang didefinisikan tersebut; dan (d) menjawab soal-soal yang menguji pemahaman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: siswa yang berprestasi tinggi dalam mata pelajaran matematika memiliki hasil penilaian yang tinggi untuk keempat indikator metakognisi, serta kemandirian belajar yang sangat baik; siswa yang berprestasi sedang dalam mata pelajaran matematika memiliki hasil penilaian yang sedang pada indikator (c) tetapi tinggi pada tiga indikator lainnya, serta kemandirian belajar yang baik; siswa yang berprestasi rendah dalam mata pelajaran matematika memiliki hasil penilaian yang rendah pada indikator (a) dan (b), tetapi sedang pada dua indikator lainnya, serta kemandirian belajar yang kurang. Kata kunci: teks matematika, metakognisi, kemandirian belajar, koordinat Cartesius. This study aimed to conduct a study of the metacognition and self-regulated learning of junior high school student in reading mathematics books about Cartesius coordinate material. Research carried out by tracing the phenomenon that occured in three research subjects selected from VII graders in one of the State Junior High Schools in Bandung. Indication of the metacognition process has been occurred in the students during reading process could be indicated if they were able to do these indicators: (a) re-expressed the things which were understood from what has been read; (b) when students found parts of the reading that they couldn't understand, they tried to find solutions of the detected incomprehension; (c) constructed simple resolutions made based on definitions in the intended matter; and (d) answered the questions which tested their comprehension. The results showed: high-achieving students in mathematics had high assessment results of the metacognition indicators, as well as excellent regulated learning; students with moderate achievement in mathematics had moderate results on indicator (c) but high on the other three indicators, as well as good regulated learning; low-achieving students in mathematics had low results on indicators (a) and (b), but moderate on the other two indicators, and lack of regulated learning. Keywords: mathematical texts, metacognition, regulated learning, Cartesius coordinates.
Item Description:http://repository.upi.edu/39406/1/S_MAT_1506522_Title.pdf
http://repository.upi.edu/39406/2/S_MAT_1506522_Chapter%201.pdf
http://repository.upi.edu/39406/3/S_MAT_1506522_Chapter%202.pdf
http://repository.upi.edu/39406/4/S_MAT_1506522_Chapter%203.pdf
http://repository.upi.edu/39406/5/S_MAT_1506522_Chapter%204.pdf
http://repository.upi.edu/39406/6/S_MAT_1506522_Chapter%205.pdf
http://repository.upi.edu/39406/7/S_MAT_1506522_Appendix.pdf