PENERAPAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK BERBANTUAN ADOBE FLASH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN REPRESENTASI SISWA BERDASARKAN GENDER

Penelitian ini dilatarbelakangi bahwa kemampuan representasi matematis siswa adalah salah satu kemampuan yang penting dalam pembelajaran matematika. Berdasarkan hal tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pencapaian dan peningkatan kemampuan representasi matematis siswa serta pencapaian...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Aprilia Rambe, - (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2019-08-21.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/39437/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Penelitian ini dilatarbelakangi bahwa kemampuan representasi matematis siswa adalah salah satu kemampuan yang penting dalam pembelajaran matematika. Berdasarkan hal tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pencapaian dan peningkatan kemampuan representasi matematis siswa serta pencapaian kemampuan representasi matematis berdasarkan gender dengan menggunakan pembelajaran matematika realistik berbantuan adobe flash lebih baik daripada siswa dengan menggunakan pembelajaran matematika realistik tanpa berbantuan adobe flash. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan quasi eksperimen design. Desain penelitan ini menggunakan sampel yang diambil secara purpose sampling yang terdiri dari kelas eksperimen 1 dan kelas eksperimen 2, disalah satu kelas VIII SMP Negeri di Kota Bandung. Berdasarkan hasil dari pembahasan disimpulkan bahwa: 1) Peningkatan kemampuan representasi siswa yang memperoleh pembelajaran matematika realistik berbantuan adobe flash lebih tinggi daripada siswa yang memperoleh pembelajaran matematika realistik tanpa berbantuan adobe flash; 2) Pencapaian kemampuan representasi siswa yang memperoleh pembelajaran matematika realistik berbantuan adobe flash lebih baik daripada siswa yang memperoleh pembelajaran matematika realistik tanpa berbantuan adobe flash; 3) Pencapaian kemampuan representasi matematis antara siswa perempuan dan siswa laki-laki pada kelas yang mendapatkan pembelajaran menggunakan pendekatan pembelajaran menggunakan pendekatan pembelajaran matematika realistik berbantuan adobe flash memiliki perbedaan yaitu bahwa siswa laki-laki lebih unggul pada kemampuan representasi visual dan ekspresi matematis, sedangkan siswa perempuan lebih unggul pada kemampuan representasi kata-kata atau teks tertulis. ------- This research is motivated that the ability of students' mathematical representation is one of the important abilities in learning mathematics. Therefore this study aims to determine the achievement and improvement of students' mathematical representation abilities as well as the achievement of mathematical representation abilities based on gender by using adobe flash-assisted realistic mathematics learning better than students by using realistic mathematics learning without adobe flash-assisted learning. The method used in this research is quantitative with quasi-experimental design. This research design uses a sample taken by purpose sampling consisting of experimental class 1 and experimental class 2, one of the eighth grade students of SMPN in Bandung. Based on the results of the discussion it can be concluded that: 1) The increase in the representation ability of students who obtain adobe flash-assisted realistic mathematics learning is higher than students who obtain realistic mathematics learning without adobe flash-assisted learning; 2) Achieving the ability of representation of students who obtain adobe flash-assisted realistic mathematics learning is better than students who obtain realistic mathematics learning without adobe flash-assisted learning; 3) The achievement of mathematical representation ability between female students and male students in the class who get learning using the learning approach using the Adobe Flash assisted realistic mathematics learning approach has the difference that is that male students are superior in the ability of visual representation and mathematical expression, whereas students women are superior in the ability to represent words or written texts.
Item Description:http://repository.upi.edu/39437/6/S_D_MTK_1505024_Title.pdf
http://repository.upi.edu/39437/4/S_D_MTK_1505024_Chapter1.pdf
http://repository.upi.edu/39437/5/S_D_MTK_1505024_Chapter2.pdf
http://repository.upi.edu/39437/2/S_D_MTK_1505024_Chapter3.pdf
http://repository.upi.edu/39437/3/S_D_MTK_1505024_Chapter4.pdf
http://repository.upi.edu/39437/1/S_D_MTK_1505024_Chapter5.pdf
http://repository.upi.edu/39437/7/S_D_MTK_1505024_Appendix.pdf