PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SQ3R UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan membaca pemahaman siswa di kelas IV Sekolah Dasar di Kota Bandung. Hal ini disebabkan karena pembelajaran tidak memberikan kesempatan kepada siswa untuk memahami suatu bacaan dengan benar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pere...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Della Milda Sugiharti, - (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2019-08-26.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/39469/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan membaca pemahaman siswa di kelas IV Sekolah Dasar di Kota Bandung. Hal ini disebabkan karena pembelajaran tidak memberikan kesempatan kepada siswa untuk memahami suatu bacaan dengan benar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan dan peningkatan hasil keterampilan membaca pemahaman siswa dengan menerapkan model pembelajaran SQ3R. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan model penelitian Kemmis dan Taggart yang dilaksanakan sebanyak 2 siklus. Partisipan dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV di salah satu Sekolah Dasar di Kec. Coblong Kota Bandung dengan jumlah siswa 32 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, dan catatan lapangan. Instrument penelitian yang digunakan adalah lembar observasi, soal tes dan catatan lapangan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa keterampilan membaca pemahaman siswa mencapai 56% pada siklus I, dan mengalami peningkatan mencapai 87,5% pada siklus II. Hal ini membuktikan bahwa penerapan model pembelajaran SQ3R dapat meningkatkan keterampilan membaca pemahaman siswa di kelas IV Sekolah Dasar di Kota Bandung. Kata Kunci: Model SQ3R, Keterampilan Membaca Pemahaman ------- The research is based by the low reading comprehension skills of student in 4th grade elementary school in Bandung. This is because learning does not provide an opportunity for students to understand a reading correctly. The research aims to describe planning, implementation, and improvement of the result of students reading comprehension skills by applying the SQ3R learning model. The research method used is classroom action research (CAR) with Kemmis and Taggart research models conducted in 2 cycles. Participants in this study were 4th grade students in one of the elementary schools in Kec. Coblong city of Bandung with 32 students. Data collection techniques used were observation, tests and field notes. The research instrument used was the observation sheet, test question and field notes. The result of this research indicate that students reading comprehension skills reached 56% in cycle I, and increased to 87,5% in cycle II. This proves that the implementation of the SQ3R learning model can improve students reading comprehension skills in grade 4th elementary school in Bandung. Keywords: SQ3R learning model, reading comprehension
Item Description:http://repository.upi.edu/39469/1/S_PGSD_1501866_Title.pdf
http://repository.upi.edu/39469/2/S_PGSD_1501866_Chapter1.pdf
http://repository.upi.edu/39469/3/S_PGSD_1501866_Chapter2.pdf
http://repository.upi.edu/39469/4/S_PGSD_1501866_Chapter3.pdf
http://repository.upi.edu/39469/5/S_PGSD_1501866_Chapter4.pdf
http://repository.upi.edu/39469/6/S_PGSD_1501866_Chapter5.pdf
http://repository.upi.edu/39469/7/S_PGSD_1501866_Appendix.pdf