PENGARUH PENERAPAN MODEL COMMUNITY OF INQUIRY MENGGUNAKAN APLIKASI LINE TERHADAP PENGUASAAN KONSEP DAN KEMAMPUAN MENYELESAIKAN MASALAH

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penerapan model Community of Inquiry (CoI) menggunakan aplikasi LINE terhadap penguasaan konsep dan kemampuan menyelesaikan masalah siswa SMA pada materi sistem ekskresi pada ginjal. Alasan dilakukan penelitian ini adalah untuk mengoptimalkan Komp...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Dita Puspitasari, - (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2019-09-02.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/39493/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penerapan model Community of Inquiry (CoI) menggunakan aplikasi LINE terhadap penguasaan konsep dan kemampuan menyelesaikan masalah siswa SMA pada materi sistem ekskresi pada ginjal. Alasan dilakukan penelitian ini adalah untuk mengoptimalkan Kompetensi Dasar 3.9 dan 4.9 materi ekskresi pada ginjal. Dalam penelitian ini, digunakan non-equivalent control group design. Sampel penelitian ialah siswa kelas XI MIPA SMA, terdiri dari 36 siswa kelas eksperimen dan 34 siswa kelas kontrol. Instrumen yang digunakan terdiri dari tes penguasaan konsep dalam bentuk pilihan ganda dan essay, tes kemampuan menyelesaikan masalah dalam bentuk essay, angket respon siswa terhadap model CoI, lembar observasi keterlaksanaan sintaks, dan wawancara. Terdapat empat indikator kemampuan menyelesaikan masalah yang diukur, yaitu mengidentifikasi masalah, menganalisis masalah, merumuskan alternatif solusi, dan menentukan satu solusi terbaik. Pre-test diberikan baik kepada kelas kontrol maupun eksperimen sebelum pembelajaran dimulai, sementara post-test diberikan pada saat pertemuan terakhir. Berdasarkan temuan yang didapat, model CoI berpengaruh terhadap penguasaan konsep siswa pada materi ekskresi ginjal pada level C1 sampai C5, dan juga berpengaruh terhadap kemampuan siswa dalam menyelesaikan masalah, khususnya pada indikator merumuskan beberapa alternatif solusi. Data respon siswa menunjukkan bahwa siswa setuju dengan penerapan model pembelajaran CoI, dengan respon positif terbanyak ada pada indikator sintaks triggering event. The aim of this study is to analyze the effects of implementating CoI towards high school students' concept mastery and problem solving skill in learning the kidney excretion concept by using LINE as learning platform. The reason of this study was to optimalized core competency 3.9 and 4.9 about kidney excretion by using CoI model. This study was a non-equivalent control group design. Samples were students in XI grade, there were 36 students in experimental class and 34 students in control class. Concept mastery test (multiple choice and essay), problem solving skill test (essay), and lesson observation form were used in this study. Student's response towards CoI was gathered by using questionare and interview. There were four indicators of students problem solving meansured, i.e. identifying the problem, analyzing the problem, formulating the alternative sollutions, and determining the best sollution. Pre-test was given to both control and experimental class before the lesson began, whereas post-test was given in the last meeting of the lesson. The results showed that the implementation of CoI can increased the students'concept mastery on C1 until C5 levels, and also their problem solving skill esspecially in formulating the alternative sollutions indicator. Students mostly showed positive respons towards CoI model , essplecially in the first lesson syntax namely triggering event.
Item Description:http://repository.upi.edu/39493/4/S_PBIO_1505053_Title.pdf
http://repository.upi.edu/39493/2/S_BIO_1505053_Chapter1.pdf
http://repository.upi.edu/39493/6/S_BIO_1505053_Chapter2.pdf
http://repository.upi.edu/39493/1/S_BIO_1505053_Chapter3.pdf
http://repository.upi.edu/39493/3/S_BIO_1505053_Chapter4.pdf
http://repository.upi.edu/39493/5/S_BIO_1505053_Chapter5.pdf
http://repository.upi.edu/39493/7/S_BIO_1505053_Appendix%20pdf.pdf