PROGRAM KETERAMPILAN TATA RIAS WAJAH PENGANTIN BAGI PESERTA DIDIK TUNARUNGU DI SMALB

Perhatian peneliti tertuju kepada peserta didik tunarungu yang tidak meneruskan pendidikan sampai ke perguruan tinggi setelah menyelesaikan jenjang sekolah menengah atas (SMA). Hal ini bukan menjadi permasalahan serius apabila mereka telah memiliki suatu keterampilan spesifik yang mampu menjawab tan...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Frida Noer Syafaat, - (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2019-08-23.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/3956/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
LEADER 02753 am a22002773u 4500
001 repoupi_39506
042 |a dc 
100 1 0 |a Frida Noer Syafaat, -  |e author 
245 0 0 |a PROGRAM KETERAMPILAN TATA RIAS WAJAH PENGANTIN BAGI PESERTA DIDIK TUNARUNGU DI SMALB 
260 |c 2019-08-23. 
500 |a http://repository.upi.edu/39506/8/T_PKKH_1503259_Title.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/39506/2/T_PKKH_1503259_Chapter1.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/39506/3/T_PKKH_1503259_Chapter2.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/39506/4/T_PKKH_1503259_Chapter3.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/39506/5/T_PKKH_1503259_Chapter4.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/39506/6/T_PKKH_1503259_Chapter5.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/39506/7/T_PKKH_1503259_Appendix.pdf 
520 |a Perhatian peneliti tertuju kepada peserta didik tunarungu yang tidak meneruskan pendidikan sampai ke perguruan tinggi setelah menyelesaikan jenjang sekolah menengah atas (SMA). Hal ini bukan menjadi permasalahan serius apabila mereka telah memiliki suatu keterampilan spesifik yang mampu menjawab tantangan dunia kerja. Oleh karena itu peneliti terdorong untuk membuat program keterampilan berupa tata rias pengantin yang mampu menyiapkan peserta didik tunarungu untuk siap bersaing dan terjun di masyarakat dengan bekal keterampilan yang diberikan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian research and development (R & D) dengan model desain pembelajaran Analysis - Design - Develop - Implement - Evaluate (ADDIE). Penelitian ini menghasilkan program keterampilan berupa pedoman tata rias wajah pengantin yang diperuntukkan bagi peserta didik tunarungu. Uji keterlaksanaan program diimplementasikan bersama guru vocasional tata kecantikan melalui workshop yang dilaksanakan sebanyak 4 kali pertemuan. Berdasarkan uji keterlaksanaan yang telah dilakukan terbukti efektif dalam meningkatkan pengetahuan dan keterampilan guru vokasional tata kecantikan di SLB B CICENDO. Pada dasarnya, keterampilan vokasional yang diajarkan sesungguhnya akan memberikan bekal yang cukup bagi peserta didik apabila disusun secara sistematis, komprehensif dan fungsional yang relevan dengan kebutuhan masyarakat saat ini. Merias wajah pengantin adalah salah satu pilihan keterampilan yang dapat ditawarkan kepada peserta didik tunarungu yang dirasa akan memiliki nilai komersil sebagai karir di masa depan kehidupan. 
546 |a en 
690 |a L Education (General) 
690 |a LC Special aspects of education 
655 7 |a Thesis  |2 local 
655 7 |a NonPeerReviewed  |2 local 
787 0 |n http://repository.upi.edu/39506/ 
787 0 |n http://repository.upi.edu 
856 4 1 |u http://repository.upi.edu/3956/