ANALISIS MATERI KETERAMPILAN MEMBACA TINGKAT A1 DAN A2 PADA LAMAN WWW.BONJOURDEFRANCE.COM BERDASARKAN CECRL

ABSTRAK Saat ini banyak peneliti tertarik untuk meneliti tentang membaca karena dengan membaca orang dapat memperoleh pengetahuan berupa informasi, pesan dan lain sebagainya yang tentunya berperan penting dalam pembelajaran. Pembelajaran berbasis daring saat ini diperlukan untuk kemudahan akses pemb...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Noviani, - (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2019-08-29.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/39537/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
LEADER 04190 am a22002773u 4500
001 repoupi_39537
042 |a dc 
100 1 0 |a Noviani, -  |e author 
245 0 0 |a ANALISIS MATERI KETERAMPILAN MEMBACA TINGKAT A1 DAN A2 PADA LAMAN WWW.BONJOURDEFRANCE.COM BERDASARKAN CECRL 
260 |c 2019-08-29. 
500 |a http://repository.upi.edu/39537/1/S_PRS_1506523_Title.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/39537/2/S_PRS_1506523_Chapter1.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/39537/3/S_PRS_1506523_Chapter2.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/39537/4/S_PRS_1506523_Chapter3.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/39537/5/S_PRS_1506523_Chapter4.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/39537/6/S_PRS_1506523_Chapter5.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/39537/7/S_PRS_1506523_Appendix.pdf 
520 |a ABSTRAK Saat ini banyak peneliti tertarik untuk meneliti tentang membaca karena dengan membaca orang dapat memperoleh pengetahuan berupa informasi, pesan dan lain sebagainya yang tentunya berperan penting dalam pembelajaran. Pembelajaran berbasis daring saat ini diperlukan untuk kemudahan akses pembelajaran. Sehingga peneliti memilih laman untuk dikaji dalam penelitan ini. Penelitian ini membahas analisis materi keterampilan membaca tingkat A1 dan A2 dalam laman www.bonjourdefrance.com dan bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) materi keterampilan membaca tingkat A1 dan A2 yang terdapat dalam laman www.bonjourdefrance.com; (2) kesesuaian materinya dengan Inventaire Linguistique des contenus clés des niveaux du CECRL untuk tingkat A1 dan A2; (3) kelebihan dan kekurangan laman www.bonjourdefrance.com. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini ialah deskriptif analisis dengan metode studi pustaka dan dokumentasi, serta instrumen yang digunakan berupa kartu analisis data dan kuesioner. Objek yang diteliti adalah materi keterampilan membaca pada laman www.bonjourdefrance.com tingkat A1 dan A2 yang sesuai dengan materi kebahasaan dalam Inventaire Linguistique des contenus clés des niveaux du CECRL. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa mayoritas materi keterampilan membaca pada menu Compréhension dalam laman www.bonjourdefrance.com sesuai dengan materi kebahasaan dalam Inventaire Linguistique des contenus clés des niveaux du CECRL. Sejumlah 65 dari 74 untuk tingkat A1 dan 85 dari 104 materi kebahasaan untuk tingkat A2 tersedia contoh teks latihannya. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa materi keterampilan membaca dalam laman tersebut telah mengacu dan sesuai dengan CECRL. Berdasarkan keseluruhan hasil yang diperoleh, peneliti merekomendasikan materi keterampilan membaca dalam laman ini sebagai sumber latihan terutama untuk tingkat A1 dan A2 baik bagi pengajar maupun pembelajar bahasa Perancis. Kata kunci: Analisis, Materi Keterampilan Membaca, Bonjour de France, CECRL. ABSTRACT This study discusses the analysis of French reading skills materials of levels A1 and A2 in the website www.bonjourdefrance.com. It aims at describing (1) the materials at levels A1 and A2 found on the website www.bonjourdefrance.com, (2) and its suitability to the requirements of reading skills (compréhension écrite), (3) the (this) advantages and disadvantages of the website www.bonjourdefrance.com. The research design was descriptive analysis adopting library study methods, and documentation's and using data analysis cards and questionnaires to collect the data. The object of this study reading skills material in accordance with Inventaire Linguistique des contenus clés des niveaux du CECRL. The results of this study show that the majority of (65 out of 74 for level A1 and 85 from 104 to level A2) are in accordance with the CECRL. This suggests that those materials are relevance for reading skills of levels A1 and A2 (students and teachers). Keywords: Analysis, Reading skills material, Bonjour de France, CECRL. 
546 |a en 
690 |a L Education (General) 
690 |a P Philology. Linguistics 
655 7 |a Thesis  |2 local 
655 7 |a NonPeerReviewed  |2 local 
787 0 |n http://repository.upi.edu/39537/ 
787 0 |n http://repository.upi.edu 
856 4 1 |u http://repository.upi.edu/39537/