BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK SELF-TALK UNTUK MENINGKATKAN KONSEP DIRI SISWA : Penelitian Kuasi Eksperimen di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Banjaran Kabupaten Bandung Tahun Ajaran 2018/2019

Isu konsep diri di jenjang Sekolah Menengah Atas dirasa masih belum optimal. Penelitian ini bertujuan untuk menguji keefektifan program bimbingan kelompok dengan teknik self-talk untuk meningkatkan konsep diri siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan metode quasi experimental den...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Annisa Dwi Oktaviani Widasaputra, - (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2019-08-22.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/39539/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Isu konsep diri di jenjang Sekolah Menengah Atas dirasa masih belum optimal. Penelitian ini bertujuan untuk menguji keefektifan program bimbingan kelompok dengan teknik self-talk untuk meningkatkan konsep diri siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan metode quasi experimental dengan desain pretest-posttest control-group design. Partisipan berjumlah 8 orang siswa dipilih secara random assignment. Hasil penelitian adalah 1) kecenderungan konsep diri yang dimiliki siswa kelas X SMAN 1 Banjaran Tahun Ajaran 2018/2019 berada pada kategori netral. 2) program bimbingan kelompok dengan teknik self-talk menggunakan 4 RPL dengan masing-masing tema "Kiat membangun sikap positif", "Sikap sopan santu dalam kehidupan", "Etika Pergaulan dengan teman sebaya", dan "Potensi diri remaja". 3) program bimbingan kelompok terbukti efektif meningkatkan konsep diri siswa kelas X SMAN 1 Banjaran Tahun Ajaran 2018/2019. Rekomendasi bagi sekolah adanya dukungan untuk mengembangkan program bimbingan kelompok dengan teknik self-talk sebagai upaya pengembangan pribadi siswa yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan lapangan dengan memberikan alokasi waktu khusus untuk melaksanakan program secara berkesinambungan. Bagi guru bimbingan konseling mengadakan tindak lanjut secara menyeluruh dan berkesinambungan untuk mengetahui perkembangan dan konsistensi siswa dalam melaksanakan teknik self-talk untuk meningkatkan konsep diri siswa. Bagi peneliti selanjutnya penelitian konsep diri siswa tidak hanya ditinjau dari aspek konsep diri saja namun ditinjau dari komponen konsep diri. ----- The issue of self-concept at the Senior High School is felt to be still not optimal. This study aims to test the effectiveness of group guidance programs with self-talk techniques to improve students' self-concepts. This research uses a quantitative approach and a quasi-experimental method with a pretest-posttest control-group design. Participants of 8 students were selected by random assignment. The results of the study are 1) the tendency of self-concept owned by students of class X SMAN 1 Banjaran Academic Year 2018/2019 is in the netral category. 2) a group guidance program using self-talk techniques using 4 RPLs with each theme "Tips for building a positive attitude", Sikap sopan santu dalam kehidupan", "Etika Pergaulan dengan teman sebaya", dan "Potensi diri remaja". 3) the group guidance program was proven effective in improving the self-concept of class X students of SMAN 1 Banjaran in the Academic Year 2018/2019. Recommendations for schools for support to develop a group guidance program with self-talk techniques as an effort to develop students' personalities that can be adjusted to the needs of the field by providing a special time allocation to implement the program on an ongoing basis. For counselor hold follow-up thoroughly and continuously to find out the development and consistency of students in implementing self-talk techniques to improve students' self-concepts. For further researchers, students' self-concept research is not only viewed from the aspect of self-concept, but also from the self-concept component.
Item Description:http://repository.upi.edu/39539/8/T_BK_1503078_Title.pdf
http://repository.upi.edu/39539/9/T_BK_1503078_Chapter1.pdf
http://repository.upi.edu/39539/4/T_BK_1503078_Chapter2.pdf
http://repository.upi.edu/39539/3/T_BK_1503078_Chapter3.pdf
http://repository.upi.edu/39539/2/T_BK_1503078_Chapter4.pdf
http://repository.upi.edu/39539/1/T_BK_1503078_Chapter5.pdf
http://repository.upi.edu/39539/7/T_BK_1503078_Appendix.pdf