PROSES PEMBELAJARAN PADA PENDIDIKAN KEJURUAN BINTARA HUKUM UNTUK MENINGKATKAN KARAKTER BINTARA SISWA : Studi Deskriptif-Eksploratoris di Pusat Pendidikan Hukum Komando Pendidikan dan Latihan Angkatan Darat

Pembelajaran pada Pendidikan Kejuruan Bintara Hukum (Dikjurbakum) di Pusat Pendidikan Hukum (Pusdikkum) menganut konsep Tri Pola Dasar sebagai tujuan pendidikan, yaitu sikap dan perilaku sebagai prajurit yang baik, pengetahuan dan keterampilan yang mampu mendukung pelaksanaan tugas serta kekuatan da...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Fanni Wirliani Putri, - (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2019-08-22.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/39549/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
LEADER 05290 am a22002773u 4500
001 repoupi_39549
042 |a dc 
100 1 0 |a Fanni Wirliani Putri, -  |e author 
245 0 0 |a PROSES PEMBELAJARAN PADA PENDIDIKAN KEJURUAN BINTARA HUKUM UNTUK MENINGKATKAN KARAKTER BINTARA SISWA : Studi Deskriptif-Eksploratoris di Pusat Pendidikan Hukum Komando Pendidikan dan Latihan Angkatan Darat 
260 |c 2019-08-22. 
500 |a http://repository.upi.edu/39549/1/S_KTP_1507370_Title.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/39549/2/S_KTP_1507370_Chapter1.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/39549/3/S_KTP_1507370_Chapter2.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/39549/4/S_KTP_1507370_Chapter3.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/39549/5/S_KTP_1507370_Chapter4.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/39549/6/S_KTP_1507370_Chapter5.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/39549/7/S_KTP_1507370_Appendix.pdf 
520 |a Pembelajaran pada Pendidikan Kejuruan Bintara Hukum (Dikjurbakum) di Pusat Pendidikan Hukum (Pusdikkum) menganut konsep Tri Pola Dasar sebagai tujuan pendidikan, yaitu sikap dan perilaku sebagai prajurit yang baik, pengetahuan dan keterampilan yang mampu mendukung pelaksanaan tugas serta kekuatan dan kebugaran jasmani militer yang samapta. Ketidaksesuaian perencanaan, pelaksanaan belum optimal dan banyaknya siswa remedial menjadi beberapa latar belakang dilakukannya penelitian. Penelitian ini ditujukan untuk menelaah penerapan proses pembelajaran meliputi perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, penilaian pembelajaran dan pengawasan pembelajaran. Secara spesifik, peneliti mengamati dokumen rencana pembelajaran, situasi pembelajaran, guru, siswa, lingkungan belajar, proses dan hasil penilaian, rencana pengawasan pembelajaran, kegiatan pengawasan dan pelaporan pengawasan. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus deskriptif-eksploratoris. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah triangulasi beberapa teknik seperti wawancara, studi dokumentasi, observasi dan catatan lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pusdikkum menerapkan proses pembelajaran yang mengacu pada Standar Proses Pendidikan mulai dari perencanaan pembelajaran hingga pengawasan pembelajaran. Perencanaan mencakup tujuan, materi, media, sumber belajar, metode dan evaluasi. Pelaksanaan mencakup kegiatan pembelajaran teori dan praktikum, tes kesegaran jasmani dan bimbingan pengasuhan. Penilaian dilakukan pada subjek pembinaan sikap dan perilaku, subjek pembinaan pengetahuan (teori) dan keterampilan (praktik) serta subjek pembinaan jasmani militer. Pengawasan meliputi rencana pengawasan, pemantauan, kegiatan supervisi, pelaporan dan tindak lanjut hasil pelaporan. Masing-masing aspek tersebut saling berurutan dan berkesinambungan mendukung ketercapaian tujuan pembelajaran dan meningkatkan karakter peserta didik. Kata Kunci: proses pembelajaran, perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, penilaian pembelajaran, pengawasan pembelajaran -------- Learning in Law Non-Commissioned Officer Vocational Education at Education Center of Law adhere the Tri Archetype concept as a goal of education, there are attitude and behavior as a good soldier, knowledge and skills that support the implementation of tasks as well as the strength and physical fitness of military. Mismatch of planning, not optimal implementation, many remedial students become some of the reason to do this study. This study intended to examine the application of the learning process including learning plan, learning implementation, learning assessment and learning supervision. Specifically, researcher observed learning plan documents, learning situations, teachers, students, learning environments, assessment processes and results, supervision of learning plans, and reporting activities of supervision. The study used a qualitative approach with descriptive-exploratory case study methods. The data collection technique used triangulation of several techniques such as interviews, documentation studies, observations and field notes. The results of the study indicated that this institute applies a learning process that refers to Education Process Standards ranging from learning plan to learning supervision. Learing plan includes goals, material, media, learning resources, methods and evaluation. The implementation includes theory and practical learning activities, physical fitness tests and parenting guidance. Learning assessment carries out on the subject of attitude and behavior, the subject of knowledge development (theory) and skills (practice) and the subject of military physical development. Learning supervision includes planning, monitoring, reporting and follow-up reports. Each of these aspects is sequential and continuous to support the achievement of learning objectives and improve the character of students. Key Words: learning process, learning plan, learning implementation, learning assessment, learning supervision 
546 |a en 
690 |a L Education (General) 
690 |a T Technology (General) 
655 7 |a Thesis  |2 local 
655 7 |a NonPeerReviewed  |2 local 
787 0 |n http://repository.upi.edu/39549/ 
787 0 |n http://repository.upi.edu 
856 4 1 |u http://repository.upi.edu/39549/