PENGEMBANGAN DAN UJI USABILITAS APLIKASI E-LEARNING BERBASIS MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD)

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan aplikasi e-learning berbasis model pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD). Hal yang melatarbelakangi penelitian ini adalah masih banyaknya sistem pembelajaran di sekolah yang bersifat satu arah, yaitu pemberian materi oleh guru. Selain itu m...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Nafiril Haq Annibras, - (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2019-08-26.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/39591/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
LEADER 03325 am a22002773u 4500
001 repoupi_39591
042 |a dc 
100 1 0 |a Nafiril Haq Annibras, -  |e author 
245 0 0 |a PENGEMBANGAN DAN UJI USABILITAS APLIKASI E-LEARNING BERBASIS MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) 
260 |c 2019-08-26. 
500 |a http://repository.upi.edu/39591/1/S_KOM_1404276_Title.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/39591/2/S_KOM_1404276_Chapter1.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/39591/3/S_KOM_1404276_Chapter2.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/39591/4/S_KOM_1404276_Chapter3.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/39591/5/S_KOM_1404276_Chapter4.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/39591/6/S_KOM_1404276_Chapter5.pdf 
500 |a http://repository.upi.edu/39591/7/S_KOM_1404276_Appendix.pdf 
520 |a Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan aplikasi e-learning berbasis model pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD). Hal yang melatarbelakangi penelitian ini adalah masih banyaknya sistem pembelajaran di sekolah yang bersifat satu arah, yaitu pemberian materi oleh guru. Selain itu masih banyak guru dan siswa yang belum memanfaatkan teknologi untuk mendapatkan sumber belajar. Model pembelajaran STAD digunakan karena model ini adalah model pembelajaran yang paling sederhana untuk menerapkan metode pembelajaran kooperatif. Aplikasi e-learning ini dibangun dengan metode pengembangan waterfall, mulai dari analisis, desain, implementasi, dan uji usabilitas. Uji usabilitas dilakukan berdasarkan kriteria penilaian yang diadaptasi dari ISO 9126-Usability model. Karakteristik dari model ISO 9126-Usability yaitu: 1) Understandability; 2) Learnability; 3) Operability; dan 4) Attractiveness. Hasil pengujian usabilitas aplikasi e-learning memiliki skor 94,17% pada responden guru dan 90,21% pada responden siswa yang berarti aplikasi e-learning ini termasuk ke dalam kriteria sangat baik. ------ This research aims to create an e-learning application based on Student Team Achievement Division (STAD) learning model. Formal education system these days still uses the one-way communication, especially the way of teacher delivering their learning materials. Furthermore most of the teachers and students have not used suitable technology to obtain their learning resources. STAD learning model was used because this model is the simplest model for applying the cooperative learning method. The Waterfall development method was applied in this application including the analysis, design, implementation, and usability test.The usability test was done based on assessment criteria adapted from ISO 9126-Usability Model. The characteristics of ISO 9126-Usability Model are: 1) Understandability; 2) Learnability; 3) Operability; dan 4) Attractiveness. The results of the usability test score was 94,17% and 90,21% of teacher and student respondents, respectively. Therefore this e-learning application's usability was included in very well criteria. 
546 |a en 
690 |a L Education (General) 
690 |a QA75 Electronic computers. Computer science 
655 7 |a Thesis  |2 local 
655 7 |a NonPeerReviewed  |2 local 
787 0 |n http://repository.upi.edu/39591/ 
787 0 |n http://repository.upi.edu 
856 4 1 |u http://repository.upi.edu/39591/