ANALISIS ASPEK SOSIOKULTURAL DALAM VIDEO IKLAN CARREFOUR PERANCIS DAN PEMBELAJARANNYA

ABSTRAK Rusmana, Katleea Anbiyapsa. 2019. Analisis Aspek Sosiokultural dalam Video Iklan Carrefour Perancis dan Pembelajarannya. Pengetahuan sosial budaya dalam pembelajaran bahasa membantu proses adaptasi terhadap bahasa itu sendiri dan juga lingkungan bahasa target karena mengandung pengetahuan li...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Katleea Anbiyapsa Rusmana, - (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2019-08-29.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/39596/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:ABSTRAK Rusmana, Katleea Anbiyapsa. 2019. Analisis Aspek Sosiokultural dalam Video Iklan Carrefour Perancis dan Pembelajarannya. Pengetahuan sosial budaya dalam pembelajaran bahasa membantu proses adaptasi terhadap bahasa itu sendiri dan juga lingkungan bahasa target karena mengandung pengetahuan lintas budaya. Iklan sebagai sumber pembelajaran dan produk budaya berperan untuk membangun/ menumbuhkan potensi kebahasaan (compétence littéraire). Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk : (1) mendeskripsikan apa saja aspek sosiokultural yang terdapat dalam video iklan Carrefour Perancis; (2) mengetahui aspek sosiokultural yang memiliki intensitas kemunculan paling tinggi pada video iklan Carrefour Perancis; (3) mengetahui bagaimana implementasi aspek sosiokultural pada video iklan Carrefour untuk pembelajaran Français des Médias di Departemen Pendidikan Bahasa Perancis. Adapun yang menjadi aspek analisis yaitu mengacu pada teori sistem sosiokultural oleh Sanderson (1993) : (1) superstruktur ideologi; (2) struktur sosial; dan (3) infrastruktur material. Metode yang digunakan dala penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil analisis yang telah dilakukan peneliti, tidak semua komposisi aspek sosiokultural muncul dalam video iklan Carrefour Perancis. Aspek infrastruktur material memiliki intensitas kemunculan paling banyak dibandingkan aspek yang lainnya pada video iklan yang diteliti. Kehidupan sosiokultural dalam masyarakat secara umum dan juga yang identik terjadi di Perancis tersebar dalam video iklan yang diteliti. Kata kunci : sosiokultural, video iklan, Carrefour Perancis, masyarakat. ABSTRACT Rusmana, Katleea Anbiyapsa. 2019. Analysis of Sociocultural Aspects of Carrefour Advertisement Videos (French) and Learning Socio-cultural knowledge in language learning helps the process of adaptation to the language itself and also the target language environment because it contains cross-cultural knowledge. Advertising as a source of learning and cultural products plays a role to build / grow the language potential. Therefore, this study aims to: (1) describe which sociocultural aspects are contained in the Carrefour France advertisement videos; (2) know the sociocultural aspects that have the highest appearance intensity in Carrefour France advertisement videos; (3) know how to implement the sociocultural aspects of the Carrefour advertisement video for the subject Français des Médias in French Language Education Department. The aspect of analysis that is refers to the theory of sociocultural systems by Sanderson (1993): (1) ideological superstructure; (2) social structure; and (3) material infrastructure. The method used in this research is descriptive qualitative method. Based on the results of the analysis conducted by researchers, not all composition of sociocultural aspects appear in the French Carrefour ad video. Material aspects of infrastructure have the highest intensity of appearance compared to other aspects of the video advertisement under study. Sociocultural life in society in general and also that which is identical in France is spread in the video advertisements of Carrefour France. Keywords : sociocultural, video advertisement, Carrefour French, society
Item Description:http://repository.upi.edu/39596/7/S_PRS_1503889_Title.pdf
http://repository.upi.edu/39596/2/S_PRS_1503889_Chapter1.pdf
http://repository.upi.edu/39596/3/S_PRS_1503889_Chapter2.pdf
http://repository.upi.edu/39596/4/S_PRS_1503889_Chapter3.pdf
http://repository.upi.edu/39596/6/S_PRS_1503889_Chapter4.pdf
http://repository.upi.edu/39596/5/S_PRS_1503889_Chapter5.pdf
http://repository.upi.edu/39596/1/S_PRS_1503889_Appendix.pdf