PENGARUH KESADARAN DAN KEPEDULIAN GURU TERHADAP BUDAYA SEKOLAH YANG BERLANDASKAN FALSAFAH TUT WURI HANDAYANI : Upaya Meningkatkan Kualitas Sekolah Swasta Katolik pada Pendidikan Dasar di Kota Bandung

Budaya sekolah memiliki peranan yang penting dalam meningkatkan mutu pendidikan. Intervensi budaya dilakukan terhadap budaya sekolah selanjutnya akan mengubah budaya guru. Perubahan budaya guru dapat mengakibatkan terjadinya perubahan belajar-mengajar. Secara umum penelitian ini bertujuan untuk meng...

Full description

Saved in:
Bibliographic Details
Main Author: Agustinus Sudarno, - (Author)
Format: Academic Paper
Published: 2019-08-23.
Subjects:
Online Access:http://repository.upi.edu/39621/
Tags: Add Tag
No Tags, Be the first to tag this record!
Description
Summary:Budaya sekolah memiliki peranan yang penting dalam meningkatkan mutu pendidikan. Intervensi budaya dilakukan terhadap budaya sekolah selanjutnya akan mengubah budaya guru. Perubahan budaya guru dapat mengakibatkan terjadinya perubahan belajar-mengajar. Secara umum penelitian ini bertujuan untuk mengungkap atau mendeskripsikan besarnya Pengaruh Tingkat Kesadaran dan Kepedulian Guru Terhadap Budaya Sekolah yang berlandaskan falsafah Tut Wuri Handayani pada Pendidikan Dasar di Kota Bandung. Penelitian ini berusaha menjawab permasalahan penelitian, yaitu "Berapa besar pengaruh dari kesadaran pribadi guru, kesadaran publik guru, kesadaran yang berkaitan dengan kecemasan sosial guru, dan kepedulian guru serta kesadaran dan kepedulian guru terhadap budaya sekolah berlandaskan falsafah TWH?" Penelitian ini menggunakan pendekatan mixed method dengan rancangan konvergen. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini berupa angket, wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah menggunakan analisis regresi dan korelasi. Berdasarkan hasil penelitian temuan di lapangan, dapat diambil simpulan bahwa (1). Terdapat Pengaruh dari kesadaran diri terhadap budaya sekolah sebesar R (.253a) dan R2 (.064) artinya berpengaruh, hubungan rendah (2). Terdapat pengaruh dari kesadaran diri publik terhadap budaya sekolah sebesar R (.425a) dan R2 (.180) artinya berpengaruh, hubungan cukup kuat (3). Tidak terdapat pengaruh yang signifikan dari kecemasan sosial guru terhadap budaya sekolah. (4). Terdapat pengaruh dari kepedulian guru terhadap budaya sekolah sebesar R (.425a) dan R2 (.180) artinya berpengaruh, hubungan cukup kuat (5). Terdapat pengaruh dari kesadaran dan kepedulian guru terhadap budaya sekolah sebesar R (.561a) dan R2 (.314) artinya berpengaruh, hubungan cukup kuat. Kata Kunci : Budaya Sekolah, Guru, Kesadaran, Kecemasan Sosial, Kepedulian ----- School culture has an important role in improving the quality of education. Cultural interventions carried out on school culture will further change teacher culture. Changes in teacher culture can result in changes in teaching and learning. In general, this study aims to reveal or describe the magnitude of the Effect of the Level of Teacher Consciousness and Care on the School Culture based on the philosophy of Tut Wuri Handayani on Basic Education in the City of Bandung. This study attempts to answer the research problem, namely "How much influence is the teacher's personal consciousness, teacher's public consciousness, consciousness related to teacher social anxiety, and teacher's care and consciousness for school culture based on the TWH philosophy?" This research uses a mixed method approach with convergent design. Data collection techniques in this research were questionnaire, interview, observation and documentation study. The data analysis technique used is to use regression and correlation analysis. Based on the research findings in the field, it can be concluded that (1). There is an influence of personal consciousness on school culture as much as R (.253a) and R2 (.064) which means influential, low relationship (2). There is an influence of public self-consciousness of the school culture of R (.425a) and R2 (.180) which means that the influence is strong enough (3). There is no significant effect of teacher social anxiety on school culture. (4). There is an influence of the teacher's Care for the school culture of R (.425a) and R2 (.180) which means that the influence is quite strong (5). There is an influence of teacher's Consciousness and Care for the school culture of R (.561a) and R2 (.314) which means that the influence is strong enough. Keywords: School Culture, Teachers, Consciousness, Care, Social Anxiety,
Item Description:http://repository.upi.edu/39621/1/T_PGK_1706303_Title.pdf
http://repository.upi.edu/39621/2/T_PGK_1706303_Chapter1.pdf
http://repository.upi.edu/39621/3/T_PGK_1706303_Chapter2.pdf
http://repository.upi.edu/39621/4/T_PGK_1706303_Chapter3.pdf
http://repository.upi.edu/39621/5/T_PGK_1706303_Chapter4.pdf
http://repository.upi.edu/39621/6/T_PGK_1706303_Chapter5.pdf
http://repository.upi.edu/39621/7/T_PGK_1706303_Appendix.pdf